Arnod Sihite Ingatkan Pemerintah Dukung Transformasi Gerakan Buruh

Ali Masduki
Arnod Sihite. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Percetakan dan Penerbitan dan Media Informasi Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PP FSP PPMI-KSPSI), Arnod Sihite, mengingatkan pemerintah untuk mendukung upaya transformasi gerakan buruh di seluruh Indonesia.

Revolusi industri dengan berbagai disrupsi dalam banyak bidang telah menuntut adanya transformasi gerakan buruh agar lebih adaptif dan memiliki daya saing.

Hal tersebut disampaikan Arnold pada Musyawarah Daerah VI Pengurus Daerah PPMI KSPSI Jawa Timur, di Surabaya, Kamis (28/6).

“Tuntutan zaman sekarang sudah berubah. Kita para buruh harus memiliki kompetensi, kreatifitas, inovasi pada aspek-aspek digital ekonomi karena bukan saja dunia berkembang tetapi juga model bisnis sudah jauh mengalami perkembangan. Ajakan saya pada buruh di seluruh Indonesia, bekali dirimu dengan kerja cerdas, isi hari-harimu dengan kreatifitas pada bidang teknologi, rebut ruang publik digital dan bersama pemerintah kita aktif mendorong proses transformasi ekonomi tersebut,” ungkap Arnod.

Menurut Ketua Tenaga kerja dan Informal PPK KOSGORO 1957 itu, agenda besar Bina Lindung Sejahtera yang menjadi payung perjuangan buruh harus mengalami penyelarasan dengan agenda-agenda pemerintah dan perkembangan zaman.

Dalam konteks itu pemerintah perlu memastikan dukungannya sehingga gerakan buruh di Indonesia membawa manfaat.

"Artinya ruang komunikasi itu pemerintah perlu buka lebar-lebar. Jangan biarkan buruh itu setelah turun ke jalan baru diajak bicara. Biasakan untuk berkolaborasi, pasti buruh Indonesia membuka diri. Banyak agenda pemerintah untuk transformasi ekonomi itu perlu libatkan buruh secara aktif," ucapnya.

Hal sama pun ditegaskan Wakil Ketua Umum D,AKSPSI Pimpinan Yorrys Raweyai tersebut agar elemen buruh dari barisan mana pun aktif membangun komunikasi dengan pemerintah baik pusat maupun daerah, asosiasi pengusaha, mitra-mitra kerja, dan pihak terkait lainnya untuk merancang program-program positif.

“Bagi saya penting jadi catatan agar kita para buruh harus menjadi elemen solutif bagi persoalan bukan saja terkait buruh tetapi juga elemen solutif bagi permasalah bangsa, bukan malah jadi beban atau bagian dari masalah,” ucap dia.

Situasi jelang Pemilu 2024 ungkap Arnold harus menjadi perhatian agar elemen buruh tidak menjadi tunggangan politik.

"Jangan sampai kepentingan jangka pendek gerakan buruh Fokus utama dan kerja kita adalah bersama pemerintah ciptakan stabilitas sosial politik, karena dengan itu maka ekonomi juga bisa berkembang baik, iklim investasi sehat, yang ujungnya kesempatan kerja dan kesejahteraan buruh meningkat. Jadi jangan menambah kerjaan untuk mengikuti ajakan yang bisa merugikan kita semua,” tegas Ketua Umum DPN Masyarakat Pertambangan Indonesia itu.

Musda VI PD PPMI KSPSI Jawa Timur ini kembali mengukuhkan Sunowo untuk melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua 2022-2027.

Agenda Musda ini juga dihadiri oleh Kadis Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Ketua DPD KSPSI Ahmad Fauzi beserta para pimpinan daerah, dan pimpinan cabang se-Jawa Timur, Sekretaris PPMI KSPSI Warsidi, Ketua PPMI KSPSI Jamattul Koip dan Wakil Sekretaris PPMI PPMI KSPSI Dalton Munthe.

"Selamat untuk Saudara Sunowo untuk mengendalikan organisasi lima tahun ke depan. Semoga kerja nyata kita berbuah positif untuk kemajuan buruh, kemajuan daerah Jawa Timur, dan tentu saja kemajuan bangsa dan negara yang sama-sama kita cintai ini," pungkas Arnod.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network