JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Menjelang akhir tahun, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 menjadi saat yang tepat untuk berjualan karena tingginya antusias konsumen untuk berbelanja.
Hal ini juga dibuktikan melalui catatan Ninja Xpress pada tahun 2021 lalu dimana ada peningkatan pengiriman pada musim belanja online dibandingkan pada masa normal.
Salah satu e-commerce yang turut memeriahkan Harbolnas yaitu Lazada juga mengungkapkan pentingnya persiapan bagi penjual dalam menghadapi Harbolnas.
“Animo pelanggan untuk festival belanja online akhir tahun masih sangat besar, penting untuk para penjual mempersiapkan diri dengan baik," kata SVP Seller Operations Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, Rabu (7/12/2022).
Dengan mengangkat produk lokal melalui “Produk Lokal Meraja, Indonesia Jaya”, momen ini juga menjadi saat yang tepat bagi UMKM untuk mempromosikan produknya.
Tapi, adanya tipe pelanggan dengan segudang pertanyaan tanpa melakukan pembelian, terkadang cukup merepotkan penjual. Untuk itu, Ninja Xpress melalui blog ninjaxpress punya trik untuk UMKM bisa mempengaruhi konsumen agar barangnya di beli pada saat harbolnas 2022.
1. Ubah kebiasaan menjawab dengan menggali kebutuhan pelanggan
Kalau mendapat berbagai pertanyaan dari pelanggan seperti “Produk apa ini?”, “Berapa harganya?”,
“Berapa ongkos kirimnya?” dan sebagainya, maka teknik pertama yang bisa dilakukan adalah ubah kebiasaan menjawab menjadi bertanya kembali.
Dengan teknik ini, toko online dapat mencari tahu kebutuhan pelanggan dan cara menyelesaikan permasalahan mereka. Misalnya, penjual dapat bertanya siapa yang menggunakan produk, pelanggan langsung atau untuk keluarga bahkan mungkin untuk hadiah.
2. Tawarkan hadiah pada saat yang tepat
Selain itu juga bisa melakukan penjualan dengan menawarkan freebies atau bonus di saat yang tepat. Banyak vendor online yang ingin melakukan secara cepat dengan menawarkan bonus sejak pelanggan menanyakan tentang produknya.
Padahal, jika pelanggan belum menunjukkan kecenderungan untuk membeli produk atau sedang mempertimbangkan untuk membeli, mereka akan menanyakan tentang detail produk. Menawarkan bonus saat ini dapat menghalangi pelanggan untuk melakukan pembelian.
3. Bagikan pendapat pribadi dalam melakukan diskusi jual beli
Calon pelanggan belum melakukan closingan bisa jadi karena masih tidak percaya diri untuk membeli, tidak percaya dengan produk yang hendak dibeli, tidak percaya dengan tokonya, atau bahkan tidak percaya dengan jasa kirim atau transportasinya.
Jika mampu meyakinkan pelanggan, maka closingan akan terjadi. Cara terbaik untuk membangun kepercayaan untuk melakukan closingan adalah memberikan pendapat berdasarkan pengalaman pribadi kepada pelanggan.
4. Menggunakan visual yang menarik
Pasang visual homepage yang menarik agar calon pelanggan langsung tertarik melihat produk di toko online. Juga dapat menggunakan gambar highlight produk untuk menegaskan kembali kepada pelanggan atau gambar testimoni pelanggan yang sudah membeli.
CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, persiapan Harbolnas menjadi saat yang sibuk bagi toko online. Supaya tidak kerepotan dengan operasional bisnis dan dapat memaksimalkan penjualan, Ninja Xpress siap bantu UMKM dengan memanfaatkan layanan Ninja Xpress Seller Booster, layanan yang membantu UMKM bisa menjalankan bisnis dengan lebih murah.
"Salah satunya adalah Creative Hub dimana UMKM bisa mengambil foto dan video profesional untuk berjualan secara gratis tanpa dipungut biaya,” tuturnya.
Diketahui, Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat.
Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Pinjaman Modal, Point Rewards, Creative Hub, KOL, Aksilerasi, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait