BPJamsostek Surabaya Darmo Serahkan Penghargaan PLKK Award Tahun 2022

Ali
Ajang penghargaan "PLKK Award 2022" diberikan kepada rumah sakit maupun klinik yang merupakan PLKK BPJS Ketenagakerjaan. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNews.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Surabaya Darmo menggelar Pembinaan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan Penyerahan Penghargaan PLKK Award Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar pada Senin, 19 Desember 2022 ini dihadiri oleh Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Deny Yusyulian, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo, Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Ninis Herlina Kiranasari serta Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dan Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Anang Rafidi.  

"Anugerah ini merupakan salah satu wujud apresiasi kepada rumah sakit maupun klinik PLKK atas pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami musibah akibat pekerjaan di sepanjang tahun 2022," kata Deputi Direktur Wilayah Jawa Timur, Deny Yusyulian.

Ajang penghargaan "PLKK Award 2022" diberikan kepada rumah sakit maupun klinik yang merupakan PLKK BPJS Ketenagakerjaan

Ada beberapa nominasi dalam penghargaan PLKK Award yang diadakan oleh Kantor Cabang Surabaya Darmo. RS Muji Rahayu sebagai PLKK dengan Utilitas Terbanyak tahun 2022 tingkat Rumah Sakit, Klinik Medis Medica Utama sebagai PLKK dengan Utilitas Terbanyak tahun 2022 tingkat Klinik, RS Wiyung Sejahtera sebagai PLKK dengan Administrasi Klaim Terbaik 1 tahun 2022, RS Bunda Surabaya sebagai PLKK dengan Administrasi Klaim Terbaik 2 Tahun 2022, RS Bhakti Rahayu sebagai PLKK yang Tepat Waktu Pengiriman Klaim Terbaik 1 Tahun 2022, serta RS Wijaya sebagai PLKK yang Tepat Waktu Pengiriman Klaim Terbaik 2 Tahun 2022.

Penghargaan selanjutnya yaitu kepada RS Mitra Keluarga Waru sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja Terbaik Tahun 2022 Wilayah Jawa Timur yang sampaikan langsung oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Anggoro Eko Cahyo pada peringatan Hari Ulang Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-45 Tahun. 

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo kepada Direktur RS Mitra Keluarga Waru beserta jajarannya.

PLKK merupakan inovasi BPJS Ketenagakerjaan guna melayani secara optimal para peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Cukup hanya menunjukkan kartu peserta aktif, pekerja dapat merasakan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). 

Peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan mendapatkan penanganan pertama melalui layanan PLKK ini, sehingga bisa mencegah dampak atau risiko lain yang bisa timbul.

Dengan mendatangi PLKK yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara, peserta langsung mendapat penanganan medis tanpa mengeluarkan biaya sendiri, karena langsung terkoneksi ke sistem dan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo bekerja sama dengan 45 PLKK yang tersebar di seluruh wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, antara lain 30 rumah sakit dan 15 klinik.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Cabang Surabaya Darmo BPJS Ketenagakerjaan, Guguk Heru Triyoko, juga turut mengapresiasi seluruh rumah sakit dan klinik yang selama ini telah berkolaborasi dengan baik dalam melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Disepanjang Tahun 2022, BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Darmo telah menyelasaikan sebanyak total 23.641 klaim di 5 Program BPJS Ketenagakerjaan dengan total nilai Rp. 336.821.075.840,” ucap Guguk.

Ia menjelaskan, sebanyak 89,5% dari 23.641 klaim didominasi oleh klaim JHT, sisanya 1,5% adalah klaim JKM, 6,2% adalah klaim JKK, 1,8% adalah klaim JP dan 1% merupakan klaim JKP.


 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network