Luhut Himbau Jangan ke Luar Negeri Dulu, Omicron Serbu Indonesia

Oktavianto Prasongko
Sebanyak 98 persen dari 46 kasus tersebut yang terinfeksi adalah orang yang baru pulang dari luar negeri. (Foto: Ali Masduki)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan hingga Minggu (26/12/2021), tercatat ada 46 kasus infeksi Virus Corona Varian Omicron di Indonesia.

Sebanyak 98 persen dari 46 kasus tersebut yang terinfeksi adalah orang yang baru pulang dari luar negeri.

Ada kasus yang terinfeksi seorang Pekerja Migran Indonesia yang menjalani karantina sepulangnya dari Nigeria yaitu seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. 

Apabila dilihat dari beberapa kasus yang terjadi maka pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan ke luar negeri karena semakin maraknya kasus varian Omicron masuk ke Indonesia.

“Mayoritas yang terinfeksi Omicron pelaku perjalanan dari luar negeri dari berbagai negara. Saya minta betul-betul menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua supaya tidak ke luar negeri dulu, kecuali ada urusan yang benar-benar mendesak,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, Senin (27/12/2021), di Jakarta.

Kemudian Luhut Pandjaitan juga menjelaskan resikogejala berat dan fatalitas pada orang yang terinfeksi Virus Corona B.1.1.529, lebih rendah dibandingkan Varian Delta.

Meskipin demikian Koordinator Penanganan Covid-19 wilayah Jawa dan Bali ini mengingatkan seluruh masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan dan segera vaksinasi.

Varian Omicron ini pertama kali terdeteksi menyebar di negara-negara Afrika bagian selatan. Sekarang, virus hasil mutasi itu sudah tersebar di sebanyak 115 negara di dunia.

(Penulis : Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network