Muhammadiyah Dirikan Sekolah di Australia

Oktavianto Prasongko
Sekolah yang dirikan oleh Muhammadiyah ini tentunya menandai babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Australia telah memberikan izin Muhammadiyah untuk mendirikan sekolah di negaranya. Sekolah tersebut diberi nama Muhammadiyah Australia College (MAC).

Izin tersebut diperoleh dari Pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria pada tanggal 21 Desember 2021.

Sesuai dengan izin yang diterbitkan oleh Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria, MAC adalah sekolah dengan jenis Primary/Co-educational, yaitu dari jenjang taman kanak-kanak sampai sekolah dasar.

Adapun sekolah ini nantinya beralamatkan di 1-3 Killarney Drive Melton Victoria Australia 3337.

Bagi warga Muhammadiyah yang ingin mengetahui profil sekolah ini bisa mengunjunginya dilaman www.macollege.com.au.

Sekolah yang dirikan oleh Muhammadiyah ini tentunya menandai babak baru komitmen Muhammadiyah untuk membangun peradaban bersama yang mencerahkan di bawah panji Islam Berkemajuan yang berwawasan rahmatan lil-alamin di dunia internasional.

Ketua Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia, Hamim Jufri, menjelaskan bahwa Muhammadiyah Australia College ini telah membuka pendaftaran bagi siswa baru dan hingga kini telah terkumpul 35 calon siswa dengan target 45 siswa.

“Pembelajarannya pun akan dimulai saat tahun ajaran baru mulai tanggal 31 Januari 2022,” ujar Hamim Jufri, Selasa (28/12/2021).

MAC juga menawarkan infrastruktur yang sangat bagus.

Mulai dari tempat yang luas sehingga anak-anak bisa bermain bebas secara aman, guru-guru yang berkualitas karena harus memiliki ijin VIT (Victorian Institute of Teaching) dan kegiatan sekolah yang menyenangkan yakni gabungan indoor dan outdoor.

“Dari segi kurikulum MAC akan mengadopsi Kurikulum Victoria Australia yang menekankan project based learning dan delivery dan pendidikan STEAM (science technology english art and math),” ujarnya.

Untuk saat ini MAC memang baru bisa menerima siswa dari Australia.

Namun dalam tiga hingga empat tahun ke depan MAC direncanakan bisa menerima siswa dari Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak baik di Indonesia maupun di Australia.

Diharapkan, ikhtiar dan pergerakan Muhammadiyah memperoleh kemudahan dan keberkahan dalam mengembangkan misi dakwah dan tajdid bagi kemajuan peradaban dunia yang raḥmatan lil-‘alamin.

(Penulis : Oktavianto Prasongko)

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network