Cara Buat Hewan Ternak Kebal dari Penyakit, Ini Terobosan Akademisi Fakultas Kedokteran Hewan Unair

Arif Ardliyanto
Akademisi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) membuat temuan dengan meramu bahan-bahan tradisional. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Hewan ternak butuh kekenalan tubuh supaya penyakit tak mudah menyerang. Akademisi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) membuat temuan dengan meramu bahan-bahan tradisional.

Salah satunya dengan meramu tanaman dengan beragam manfaat, diantaranya Meniran mengandung beragam senyawa aktif, seperti flavonoid, tanin, alkaloid, saponin dan terpenoid. Dari itu, meniran bermanfaat sebagai antikanker, antioksidan, antiinflamasi, hingga antivirus. Namun, dalam aplikasi ekstrak tumbuhannya, Meniran memiliki kelarutan yang rendah di saluran pencernaan.

Melihat hal tersebut, Akademisi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) yang terdiri dari Prof Ir Sri Hidanah MS, Prof Sri Agus Sudjarwo drh PhD, dan Dr Emy Koestanti Sabdoningrum drh MKes, berkolaborasi untuk mengoptimalkan efek obat herbal dengan inovasi yang berjudul Nanopartikel Ekstrak Meniran Metode Gelas Ionik dan Ball mill.

“Dua metode itu kita Lab-kan, setelah itu diaplikasikan di ternaknya, kita menyebutnya invivo. Kemudian kita lihat beberapa aspek apakah ke produksi, apakah di daging, telur, karena kita di produksi ternak,” ungkap Prof Hidanah, di Surabaya, Jumat(31/3/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network