Tingkatkan Kreativitas, Dosen UWP Kenalkan Bahan Ajar Animasi pada Guru TK dan PAUD

Arif Ardliyanto
Tiga dosen kampus di Benowo  mengenalkan dunia digital kepada Guru TK dan PAUD di wilayah Gayungsari, Surabaya.(Foto : iNewsSurabaya/HO/arif)

SURABAYA, iNews.id – Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya melakukan inovasi pengajaran. Sebanyak tiga dosen kampus di Benowo  mengenalkan dunia digital kepada Guru TK dan PAUD di wilayah Gayungsari, Surabaya.

Tim Dosen tersebut berasal dari Program Studi Teknik Informatika yang terdiri dari Isnaini Muhandhis, Alven Safik Ritonga dan Muhammad Harist. Mereka  melaksanakan salah satu program Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan pengabdian kepada masyarakat. Tim melaksanakan pelatihan dasar komputer kepada kelompok guru TK di wilayah Gayungan Surabaya dan sekitarnya.

“Pelaksanaan pelatihan melibatkan dua mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yaitu Ishaq Agastyan Maulana Pratama dan Rico Ady Sucahyo,” kata Isnaini Muhandhis.

Program pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan aplikasi dasar komputer yang biasa digunakan oleh para guru dalam pekerjaan. Pelatihan aplikasi dasar komputer terdiri dari memaksimalkan penggunaan aplikasi Microsoft Word dengan mengenal semua fitur-fitur yang penting dan memudahkan dalam mengolah laporan. Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan bahan ajar berbasis animasi dengan menggunakan Microsoft Power Point. Pelatihan ini perlu untuk dilakukan agar guru-guru TK dapat berinovasi dalam membuat materi ajar.


Tiga dosen kampus di Benowo  mengenalkan dunia digital kepada Guru TK dan PAUD di wilayah Gayungsari, Surabaya.

Proses belajar mengajar di TK mitra pengabdian selama masa pandemi ini, murid-murid diberi tugas dari buku LKS dam lembar tugas yang dibagikan setiap Senin. Selama masa pandemi, karena anak dituntut belajar dirumah maka akan lebih baik jika materi ajar yang diberikan bervariasi.

“Pembuatan materi ajar yang inovatif dapat meningkatkan minat belajar anak. Salah satu alternatif media ajar tersebut adalah video pembelajaran berupa animasi. Oleh karena itu, tim kami melaksanakan pelatihan pembuatan animasi tersebut,” ujarnya.

Pelatihan dilakukan dengan pendekatan partisipatif, dimana setiap guru dibimbing untuk mempraktikkan langsung materi yang diajarkan. Mitra berperan sebagai penyedia tempat latihan yang akan dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Hasil dari program pengabdian ini adalah peningkatan skill guru dalam menggunakan aplikasi komputer, peningkatan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar animasi dan terciptanya bahan ajar animasi yang menarik.

 

 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network