PembaTIK 2023, Jawa Timur Jadi Provinsi Tertinggi dengan 16.273 Peserta

Lukman Hakim
Kompetensi TIK guru-guru di Jawa Timur terus ditingkatkan. Foto/Ilustrasi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Jawa Timur menjadi Provinsi tertinggi dengan peserta terbanyak pada Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) 2023. Tercatat, sebanyak 16.273 dari total 79.919 peserta PembaTIK dari Jatim. Jumlah ini naik 15% dibanding tahun 2021 lalu yang tercatat 14.309 peserta.

"Bagus dan tidaknya kualitas pendidikan di Jawa Timur sebagian besar  bergantung pada kualitas dan kinerja para guru. Jadi jika guru-guru di Jawa Timur mengupgrade diri dan kualitas kinerjanya, ini akan membantu peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Jatim," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Jum'at  (21/7/2023). 

Dengan capaian ini, ia berharap menjadi langkah awal yang baik dalam pelaksanaan PembaTIK 2023 dan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi TIK guru-guru di Jawa Timur. 

"Kebijakan Merdeka Belajar telah memantik semangat guru di Jawa Timur untuk terus berinovasi dalam melakukan transformasi digital," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Aries Agung Paewai menyebut, Jawa Timur menempati posisi tertinggi peserta pembaTIK yaitu 16.273. Sedangkan posisi kedua dari Kalimantan Selatan dengan 13.390 peserta. Disusul Jawa Barat dengan 8.666 peserta. 

"Peminatan guru pada program PembaTIK yang digelar BLPT Pusdatin Kemdikbud Ristek, banyak manfaat yang akan didapatkan para guru melalui program PembaTIK," katanya.

Salah satunya dalam meningkatan kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru. UNESCO Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4 leveling). 
"Semoga guru-guru kita (di Jawa Timur) berhasil menyelesaikan PembaTIK sampai dengan level 4, dan terpilih menjadi peserta terbaik untuk menjadi Duta Teknologi," tandasnya

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network