Pernah Terjadi Pembakaran Saat Panen Kopi, Perbatasan Banyuwangi-Jember Dijaga Polisi

Siswanto
Pernah Terjadi Pembakaran Saat Panen Kopi, Perbatasan Banyuwangi-Jember Dijaga Polisi. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Aparat kepolisian Banyuwangi, Jawa Timur jemput bola untuk memberikan keamanan pada warganya. Mereka mengadakan patroli ke daerah-daerah menjelang panen raya kopi tahunan. 

Patroli dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusuhan seperti yang pernah terjadi tahun lalu, 2022. Tahun tersebut ada pembakaran 12 rumah di wilayah Desa Mojomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Sabtu (29/7/2023). 

Kapolsek Sempolan, AKP. M. Na'i, S.Pdl, mengatakan, kejadian tahun lalu 2022 ada pembakaran 12 rumah warga Patungrejo, Desa Mojomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, yang dilakukan oleh kelompok kriminal yang diduga dari wilayah Kalibaru - Banyuwangi dan itu sudah diproses oleh Polres Jember. 

Dengan dasar hal tersebut, maka Unit patroli Polsek Sempolan, Polres Jember melaksanakan patroli rutin dan sambang serta dialogis untuk mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat di sekitar wilayah hukum Polsek Sempolan. 

"Kegiatan patroli ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta mencegah terjadinya niatan dari pelaku kejahatan hingga terjadi aksi kriminalitas," katanya. 

Patroli ini dilakukan dengan sasaran ditempat berkumpulnya masyarakat maupun wilayah yang dianggap rawan gangguan kamtibmas serta melakukan patroli ditengah hutan kopi dengan mengendarai sepeda motor trel. 

Dalam patroli ini Kapolsek Sempolan juga memberikan himbauan terhadap masyarakat yang bergerombol tentang kamtibmas untuk bersama - sama menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masing - masing.  

Kegiatan patroli rutin di lakukan untuk mengantisipasi kejadian yang pernah terjadi pada saat panen raya kopi tahun setahun yang lalu tepatnya pada bulan Juli dan Agustus 2022 di Dusun Patung Rejo, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo Kabupaten Jember telah terjadi gangguan kamtibmas. 

Mengingat kejadian tahun lalu 2022 pembakaraan 12 rumah warga Patungrejo yang dilakukan oleh kelompok pelaku kriminal dari wilayah Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi dan itu sudah diproses oleh Polres Jember. 

Memang secara geografis daerah Patungrejo tersebut berbatasan langsung dengan wilayah Kalibaru - Banyuwangi. Dengan diadakan patroli ini untuk mengantisipasi kejadian serupa yang telah terjadi pada tahun lalu. 

"Untuk antisipasi kejadian serupa pada saat panen raya kopi tahun ini dari Polsek Sempolan, Polres Jember terus melakukan patroli Harkamtibmas agar konsusifitas di wilayah Patungrejo Desa Mojomulyo, Kecamatan Silo tetap terjamin dan aktifitas perekonomian masyarakat meningkat untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri, " ujarnya. 

Meminimalisir adanya pelaku kriminalitas, patroli di jam rawan juga terus kita lakukan, dimana merupakan bantuk kegiatan preventif pencegahan terjadinya gangguan kamtibmas seperti curas dan curat diwilayahnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network