Kabareskrim Polri Cek Kesiapan Pengamanan Piala Dunia U-17 FIFA 2023

Lukman Hakim
Apel gelar pasukan di Lapangan Upacara Mapolda Jawa Timur (Jatim), pada Kamis (9/11/2023). Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada selaku Kepala Operasi Pusat ( Kaopspus) Operasi Aman Bacuya 2023 memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Upacara Mapolda Jawa Timur (Jatim), pada Kamis (9/11/2023). 

Apel gelar pasukan ini diikuti serentak oleh Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah yang menjadi venue Piala Dunia U-17 FIFA 2023.

Dalam kesempatan ini, Wahyu mengecek kelengkapan sarana prasarana Polri, baik berupa Alat Khusus (Alsus) maupun Alat Material Khusus (Almatsus) beserta peralatan lainnya. 

Dalam amanatnya, Wahyu  menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara pertama yang ada di Asia Tenggara, yang ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023. 

“Maka, saya minta kepada seluruh personel dapat benar – benar melaksanakan tugas pengamanan secara professional dan proporsioanal,” katanya.

Piala Dunia U-17 FIFA 2023 akan digelar di empat stadion. Yakni, stadion Jakarta Internasional Stadium (DKI Jakarta), stadion Si Jalak Harpa (Jawa Barat), stadion Manahan (Jawa Tengah) dan Gelora Bung Tomo (Jatim) serta beberapa lokasi lapangan yang akan digunakan sebagai tempat Latihan. 

“Stadion maupun tempat latihan harus dilakukan pengamanan secara maksimal,” ujarnya Wahyu. 

Wahyu mengingatkan kepada personel untuk mengantisiapasi terjadinya  kerumunan di pintu masuk stadion, kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, gesekan fisik antar supporter dan pendukung kesebelasan, penghadangan, penyerangan, pelemparan terhadap wasit, pemain dan tim official. 

Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah pelemparan kembang api ke lapangan, spanduk yang dibawa suppoter bersifat politik maupun dukungan terhadap salah satu negara yang berkonflik (konflik Israel-Palestina), aksi ancaman bom, bom bunuh diri dan penyerangan terhadap aparat keamanan (TNI/Polri). 

Personel pengamanan juga diminta untuk antisipasai adanya aksi kejahatan konvensional, kejahatan jalanan dan aksi premanisme, aksi sabotase jalannya rangkaian fifa u-17 world cup tahun 2023 dan kejadian kontijensiserta  bencana alam. 

"Kita semua akan menjadi bagian yang ikut dikenang oleh dunia, bahwa penyelenggaraan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman," tandasnya. 

Piala Dunia U-17 FIFA 2023 digelar dari 10 November 2023 sampai 2 Desember 2023. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia menggelar sebuah turnamen FIFA. Ini juga merupakan pertama kalinya Piala Dunia U-17 digelar di Asia Tenggara. 

Hari pertama akan mempertandingkan dua partai Grup A, dimulai dengan Timnas Panama U-17 kontra Timnas Maroko U-17 pada pukul 16.00 WIB.

Setelah itu, bakal digelar upacara pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023  di stadion Gelora Bung Tomo yang diisi dua penyanyi, Wika Salim dan Aurelie Moeremans. 

Lalu, Timnas Indonesia U-17 akan memulai perjuangannya sebagai tuan rumah menghadapi Timnas Ekuador Pada pukul 19.00 WIB. 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network