Kata Songong Viral Pasca Debat Pilpres, Berikut Arti dan Contohnya!

Ali Masduki
Sikap Gibran dinilai netizen songong dan tidak menghargai orang saat debat. Foto: KPU

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kata "songong" memiliki beberapa arti tergantung pada konteks penggunaannya.
Berikut adalah beberapa arti kata songong berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
 
1. Sombong atau arogan

Ketika seseorang dianggap "songong", biasanya karena orang tersebut terkesan terlalu percaya diri dan kurang menghargai orang lain.

2. Overacting atau neko-neko

Kata "songong" juga sering digunakan untuk menggambarkan perilaku yang terlalu berlebihan atau tidak natural, terutama dalam hal hiburan.

3. Tak enak diajak bekerjasama

Songong" juga bisa berarti seseorang yang sulit diajak bekerjasama atau tidak mau bekerja sama dengan orang lain.
 
Contoh perilaku yang bisa disebut "songong":
 
1. Meremehkan orang lain

Seseorang yang songong mungkin meremehkan kemampuan atau pendapat orang lain, merasa bahwa dirinya lebih unggul atau lebih pintar daripada orang lain.

2. Menganggap diri sendiri sebagai pusat perhatian

 Orang yang songong cenderung berpikir bahwa dunia berputar di sekitar mereka dan mengharapkan perhatian dan pujian dari orang lain secara berlebihan.

3. Menunjukkan superioritas

Seseorang yang songong mungkin sering menunjukkan sikap superior atau merasa lebih baik daripada orang lain dalam segala hal.

4. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain

Orang yang songong cenderung tidak tertarik mendengarkan pendapat atau masukan dari orang lain karena mereka merasa bahwa pendapat mereka adalah yang paling benar.

5. Membanggakan diri sendiri

Orang yang songong seringkali membanggakan diri sendiri secara berlebihan, mengumbar pencapaian atau kekayaan mereka tanpa memedulikan perasaan orang lain.
 
Penting untuk diingat bahwa perilaku songong tidak dihargai dalam komunikasi dan interaksi sosial yang sehat. 

Menghormati dan menghargai orang lain adalah kunci untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Sebagaimana diketahui, debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) menjadi sorotan tajam netizen setelah tingkah 'songong' Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka terhadap Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD. Netizen X menggaungkan kata 'songong' untuk mengekspresikan kekecewaan mereka terhadap prilaku tersebut.

Salah satu warga, dengan akun @BangPino__, menegaskan bahwa tindakan Gibran seharusnya tidak dilakukan, menyatakan bahwa hal itu terkesan merendahkan Mahfud. Bahkan, komedian ternama Ernest Prakasa turut ikut memberikan komentarnya, menulis kata 'songong' dalam akun pribadinya.

"Sikap 'songong' dari El Sulfat ini sangat tidak etis dan sangat terlihat merendahkan. Seharusnya cukup bicara kalau pertanyaannya belum terjawab, tapi malah terlihat sombong dan tidak beretika," tulis akun @BangPino__.

Netizen lain, seperti @ernestprakasa, menyuarakan ketidaksetujuannya dengan mengatakan, "Songong bat lu cil, emang negara punya bapak lu?!"

Debat kali ini memicu perdebatan sengit di dunia maya, dengan netizen X mengecam sikap 'songong' yang dianggap tidak pantas dari seorang calon wakil presiden. Peristiwa ini menambah bahan perbincangan hangat jelang pemilihan presiden.

 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network