Mahasiswa Magister Manajemen Unair Bantu Disabilitas Pasarkan Produk Secara Daring

Trisna Eka Adhitya
Mahasiswa Magister Manajemen Unair Bantu Disabilitas Pasarkan Produk Secara Daring. Foto iNewsSurabaya/trisna

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Airlangga (MM Unair) mengaplikasikan keilmuan berupa creating share value dengan membantu kaum disabilitas yang ada di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surabaya. Melalui kegiatan “Optimizing Product Marketing for A Sustainable Environment” para mahasiswa ini membantu memasarkan produk kain ecoprint hasil kreasi para siswa YPAC yang diberi nama “Tembus Batas”. 

Kolaborasi yang dilakukan mahasiswa dilakukan dari hulu sampai hilir. Dimulai dari pembuatan foto dan video sebagai katalog produk hingga pembuatan akun media sosial serta marketplace sebagai sarana pemasaran dari produk-produk yang telah tersedia. 

Kepala Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Airlangga  Dr. Gancar C. Premananto, M.Si mengungkapkan, pihaknya merasa penyandang disabilitas juga perlu diberikan haknya untuk berkarya dan dihargai karyanya.

“Kami sangat salut, tugas yang tidak membedakan dan diskriminasi memberikan ilmu yang luar biasa. berkarya adalah hak untuk semua orang,” ucap Dr. Gancar C. Premananto, M.Si saat ditemui di YPAC, Selasa (21/5/2024). 

Prinsip kegiatan ini tidak hanya tentang membangun sebuah bisnis, tetapi juga tentang memberikan efek sustainability bagi bisnis yang potensial serta kelestarian lingkungan. Seluruh proses ecoprint yang dilakukan oleh siswa YPAC menggunakan bunga dan daun dari tanaman yang tersedia di lingkungan sekolah. 

Bahkan sisa tanaman yang telah digunakan pada ecoprint, dapat dijadikan sebagai pupuk yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Program Create Share Value (CSV) yang dilakukan ditujukan kepada lembaga dan penyandang disabilitas di YPAC Surabaya yang
merupakan salah satu bentuk nyata dari poin Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu: Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan layak dan Pertumbuhan ekonomi, Mengurangi Ketidaksetaraan,  dan Kemitraan untuk Tujuan agar para penyandang disabilitas mampu bersaing. 

Agar produk ecoprint lebih dikenal masyarakat, MM UNAIR bekerjasama dengan YPAC Surabaya untuk membuat film pendek (8 menit 45 detik) yang selanjutnya dapat dinikmati melalui berbagai platform. Film pendek yang disajikan menggambarkan tentang sejarah YPAC Surabaya. 

Bagaimana bapak ibu guru menemukan ecoprint sebagai media pembelajaran untuk para siswa-siswi YPAC Surabaya. Dalam video ditampilkan Kepala SLB YPAC Surabaya, Isrumila dan M. Thariq yang menceritakan ecoprint menjadi produk yang
menggambarkan semangat siswa-siswi yang menembus batas kemampuan mereka, yang mana kemampuan mereka banyak dinilai terbatas oleh masyarakat. 

Selain itu, mahasiswa MM UNAIR (E2M1) menyiapkan foto katalog yang menarik untuk dapat ditampilkan dalam platform-platform online populer, seperti Shopee, Tokopedia, Instagram, dan TikTok. Diharapkan melalui platform tersebut dapat membuka saluran pemasaran baru bagi
produk-produk ecoprint karya siswa-siswi disabilitas. 

Program “Optimizing Product Marketing for A Sustainable Environment” tidak hanya memberikan kebermanfaatan secara ekonomi semata, tetapi juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi yang memiliki keterbatasan secara mental atau fisik untuk diakui dan bernilai dalam masyarakat.

“Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi pihak lain dalam pemberdayaan saudara-saudara difabel dan memperluas pandangan masyarakat tentang pemasaran produk yang inovatif, kreatif, dan inspiratif.” pungkas Ferry A. Mustofa, ketua kegiatan.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network