SURABAYA, iNewsSurabaya.id - ShopTokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, kini terdiri dari lebih dari 7 juta penjual yang mayoritasnya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan kontribusi yang signifikan terhadap PDB Indonesia lebih dari 60% UMKM memegang peran penting dalam perekonomian nasional.
Untuk mendorong peran besar UMKM lokal, ShopTokopedia meluncurkan program inovatif Creators Lab. Program pelatihan komprehensif ini bertujuan mencetak lebih banyak kreator muda yang memahami prinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform digital.
Pelatihan kreator muda Creators Lab resmi diluncurkan di Surabaya. Program ini bertujuan menghasilkan kreator muda yang dapat memaksimalkan media sosial TikTok untuk memasarkan produk dan memperluas pasar UMKM yang ada di ShopTokopedia.
Peluncuran ini dilakukan bekerja sama dengan Surabaya Next Leader, sebuah komunitas yang dibentuk untuk mendukung generasi muda dalam berkreasi dan bergerak menuju generasi emas 2045.
ShopTokopedia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Surabaya atas dukungannya terhadap penyelenggaraan Creators Lab. Program ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Surabaya untuk menciptakan perekonomian yang inklusif dan membuka lapangan kerja baru.
Wali kota Surabaya, Eri Cahyadi, dalam pernyataannya menegaskan pentingnya adaptasi di era digital. "Di era digital, profesi makin beragam. Pencipta konten bisa menjadi profesi yang menjanjikan jika ditekuni dengan baik. Kami mengapresiasi inisiatif ShopTokopedia dalam menciptakan kreator muda yang mumpuni untuk membantu UMKM mempromosikan produk dan memperluas pasar. Ini win-win solution, anak muda bisa berkreasi dan UMKM bisa meningkatkan penjualan," ujar Eri.
Hilmi Adrianto, Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia dan ShopTokopedia, mengakui peran penting kreator afiliasi sebagai agen perubahan.
"Content creators are the new entrepreneurs. Dengan memanfaatkan platform media sosial TikTok, kreator konten bisa mendapatkan keuntungan melalui konten yang kreatif dan program afiliasi yang mendukung pemasaran produk penjual di ShopTokopedia," kata Hilmi.
Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kreator muda, Creators Lab menghadirkan berbagai sesi pelatihan, termasuk:
- Afiliasi dan Personal Branding: Memberikan pemahaman menyeluruh mengenai program afiliasi dan personal branding.
- Perancangan Skrip Video:
Meningkatkan keterampilan dalam membuat konten afiliasi yang menarik dan relevan.
- Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming:
Menyusun strategi konten dan live streaming yang efektif.
- Evaluasi Performa Konten:
Memahami metrik dasar Gross Merchandise per Million (GPM) untuk evaluasi konten.
"Kolaborasi antara UMKM dan content creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan, sedangkan kreator konten dapat memperoleh penghasilan. ShopTokopedia berkomitmen untuk menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia dengan menggandeng mitra strategis," tutup Hilmi.
Editor : Arif Ardliyanto