Bagaimana Memilih Perusahaan Outsourcing yang Tepat, Simak di Buku How and Why Karya JD Darmawan

Ali Masduki
JD Darmawan Ardi Priyonggo bersama ibundanya usai peluncuran Buku How & Why, di Surabaya, Sabtu (13/7/2024). Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Banyaknya pelaksanaan Outsourcing yang tidak sesuai harapan pemberi kerja memunculkan anggapan Outsourcing menjadi kurang baik.

Padahal Outsourcing adalah solusi yang dapat membantu perusahaan ketika ingin bertumbuh.

Saat mencul berbagai masalah ini, kemudian hadir pertanyaan. Apa yang harusnya dilakukan menghadapi ini? Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ternyata, deretan pertanyaan berikut jawabannya itu terangkum melalui buku berjudul How and Why Outsourcing. Pelaksanaan Outsourcing sebagai solusi untuk pertumbuhan bisnis.

Buku yang ditulis JD Darmawan Ardi Priyonggo ini menyajikan contoh kasus sekaligus pemecahannya. 

Buku setebal 200 halaman ini mengulas dari beberapa sisi, mulai Outsourcing pilihan tepat atau tidak, praktik penyimpangan Outsourcing hingga adanya persepsi yang kurang tepat terkait Alih Daya.

"Dalam buku ini saya juga mengulas cara memilih perusahaan Outsourcing yang tepat. Jadi buku ini bisa menjadi petunjuk bagi user menemukan partner terbaik. Petunjuk ini penting karena memilih perusahaan Outsourcing sama halnya memilih sekutu atau tim pakar yang siap membantu kapan pun dibutuhkan," ungkap Denny sapaan Darmawan.

Buku yang ditulisnya ini menurut Denny diharapkan menjadi salah satu acuan dalam pengelolaan bisnis alih daya menjadikan lebih baik dimata masyarakat maupun pengguna jasa.

Denny menyebut, Outsourcing itu keputusan strategis. Sebaiknya memang diputuskan oleh “C” level. Namun praktiknya banyak yang tidak melakukan ini. 

Dia juga menjelaskan, keputusan pelaksanaan Outsourcing yang bukan dihasilkan dari proses Strategic Decision Making yang hanya mengejar pemotongan biaya, atau mencari murah, justru akan berdampak pada penyimpangan pelaksanaan dan pasti tidak akan memberikan solusi buat perusahaan.  

“Apabila proses pengambilan keputusannya tepat, minimal sesuai tools yang saya berikan, maka pelaksanaan nya akan baik dan hasilnya akan sangat bermanfaat bagi semua pihak,” terangnya.

Menurut Pria yang fokus dalam dunia ketenagakerjaan ini, penyebab ketidak puasan itu ada beberapa hal, salah satunya adalah pelaksanaan yang tidak memberikan hak-hak karyawan (Outsourcing). 

"Ini bisa diminimalisir atau dihindari apabila keputusan pelaksanaannya sudah melalui proses pengambilan keputusan yang benar," ujar Denny.

Denny menerangkan Buku ini memberikan jawaban dan penjelasan mengapa permasalahan pelaksanaan Outsourcing
tersebut bisa terjadi.

"Buku ini juga berisi mengenai proses pengambilan dan pembuatan keputusan sebelum pelaksanaan," terang Denny.

Sementara itu Konsultan Manajemen Independen khususnya Manajemen Sumber Daya Manusia Dr.Drs. Achmad S. Ruky, M.B.A. mengapresiasi buku yang dihasilkan JD Darmawan Ardi ini.

Menurutnya buku How and Why bisa menjadi jawaban ringkas bagi para pengambil keputusan yang ingin menjadikan Outsourcing sebagai strategi bisnisnya.

"Buku ini menarik. Lewat pengalaman yang sudah belasan tahun berkecimpung dalam bidang ini, Denny mampu membawakan kacamata analisis yang menarik," terang pria yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Krakatau Steel Tbk, periode 2015-2016 ini.

Menurut Ruky perusahaan pengguna bisa menjadikan buku ini sebagai referensi sebelum menggunakan Outsourcing dan bekerjasama dengan vendor.

"Yang jelas kunci keberhasilan Outsourcing terletak pada kemampuan pengguna dalam mengidentifikasi kebutuhannya dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjalankan strategi satu ini," tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network