Serangan Raid Darat Marinir Bikin Musuh Lengah dan Terkejut

Ali Masduki
Prajurit Marinir Indonesia dan Marinir Amerika (USMC) melaksanakan latihan serangan Raid Darat di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, pada Jumat (19/7/2024) dini hari. Foto/Dispen Kormar

SITOBONDO, iNewsSurabaya.id - Korps Marinir TNI Angkatan Laut memiliki kemampuan perang khusus yang disebut serangan Raid Darat.

Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir, Letkol Marinir Roni Saputra mengungkapkan, Raid merupakan sebuah serangan terhadap musuh yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kelengahan musuh untuk melakukan serangan kejutan yang sangat cepat, tepat dan rahasia.

Hal itu ia ungkapkan dalam kegiatan Latihan Bersama (Latma) Platoon Exchange (PLATEX) 2024 antara TNI AL, KORMAR dengan USMC/I MEF, Prajurit Korps Marinir Indonesia dan USMC di Pusat Latihan Pertempuran (PLP) Marinir 5 Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, pada Jumat (19/7/2024) dini hari.

Komandan Satgas Latma Platex 2024 itu juga menyampaikan, bahwa latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan prajurit Korps Marinir, khususnya Brigif 2 Marinir guna memiliki kesemaptaan jasmani yang tinggi, menguasai dasar pertempuran perorangan, regu, satuan setingkat Peleton dan Kompi serta keterampilan kesenjataan yang diperlukan sesuai dengan kedudukan di Satuan dalam rangka mendukung tugas pokok Korps Marinir.

"Kegiatan pembelajaran ini merupakan salah satu cara untuk memelihara, meningkatkan dan mengasah kemampuan taktik, teknik dan keterampilan prajurit tingkat Kelompok, Regu, Peleton dan Kompi dalam melaksanakan serangan yang membutuhkan kerahasiaan," terangnya.

Materi Operasi Tempur Aspek Darat, kata dia, sangat membantu saat melaksanakan tugas di daerah operasi atau daerah pertempuran.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network