Kepemimpinan Inovatif Jadi Kunci Sukses Terapkan Merdeka Belajar di SMK Jawa Timur

Saipul Yudi
Kepemimpinan Inovatif Jadi Kunci Sukses Terapkan Merdeka Belajar di SMK Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/saipul

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -Pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan kembali ditekankan oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur. Dalam rangka mengoptimalkan penerapan program Merdeka Belajar di sekolah-sekolah, Dindik Jatim menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pembelajaran bagi 100 kepala SMK negeri dan swasta dari 24 cabang Dindik di seluruh provinsi.

Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai, menegaskan bahwa kepala sekolah memiliki tanggung jawab besar, bukan hanya dalam hal administrasi, tetapi juga dalam memimpin dan menginovasi kegiatan pendidikan. 

"Kepala sekolah harus mampu menerapkan konsep Merdeka Belajar dengan maksimal. Salah satu ukuran kesuksesan penerapan ini adalah meningkatnya partisipasi siswa SMK, baik dalam dunia kerja, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maupun berwirausaha," ujarnya.

Aries menekankan pentingnya peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang mampu menggerakkan berbagai inisiatif untuk memastikan Merdeka Belajar berjalan optimal dan diterima dengan baik oleh para siswa. 

"Kepala sekolah perlu mendorong guru-guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menginspirasi, sehingga setiap siswa bisa mengembangkan potensinya secara maksimal," tambahnya.

Lebih dari itu, Aries mengingatkan bahwa kepala sekolah harus berperan aktif dalam memotivasi siswa agar siap secara mental dan emosional dalam proses belajar. "Siswa yang bahagia akan lebih mampu berpikir kritis, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran," kata Aries.

Selain fokus pada internal sekolah, kepala sekolah juga diharapkan dapat menjalin kolaborasi erat dengan wali murid dan masyarakat sekitar. "Keterlibatan semua pihak, guru, orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk memantau dan mendukung hasil belajar siswa," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network