ICDP 2024, Binus University dan Politeknik eLBajo Commodus Tawarkan Solusi Pengembangan UMKM

Ali Masduki
ICDP 2024 Labuan Bajo fokus pada pemberdayaan sektor UMKM, melalui ide implementatif mahasiswa yang berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB). Foto/Humas Binus University

MANGGARAI BARAT, iNewsSurabaya.id - Mahasiswa Binus University bersama Politeknik eLBajo Commodus menawarkan solusi pengembangan UMKM lewat International Community Development Program (ICDP) 2024. Kegiatan ini diselenggarakan pada 13-22 Agustus 2024 di Kota Labuan Bajo

ICDP 2024 Labuan Bajo tersebut fokus pada pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), melalui ide implementatif mahasiswa yang berbasis pada Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB).

Debby Sonita Lubis, Project Lead serta Internationalization Office Associate Manager di Binus University mengatakan, ICDP yang diselenggarakan di Labuan Bajo ini diharapkan agar mahasiswa berkesempatan untuk mengeksplorasi inovasinya dalam mengembangkan sektor UMKM dengan mengintegrasikan tema TPB. 

"Inovasi ini diharapkan dapat diadopsi oleh UMKM, sehingga tidak hanya meningkatkan kualitas usahanya serta memberi dampak yang berarti bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,” ujar Debby.

ICDP 2024 memberi pengalaman unik bagi mahasiswa domestik serta internasional dalam memperkaya studinya. Mereka mampu mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, lalu berkolaborasi dalam upaya merumuskan solusi yang dapat meningkatkan kesejahtraan dan dampak sektor UMKM di masyarakat. 

Mahasiswa internasional yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka seperti University New South Wales di Australia dan Universiti Teknologi Malaysia, diharapkan membentuk kolaborasi lintas negara yang meningkatkan pemahaman antara budaya dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kaya.

Kota Labuan Bajo dipilih karena peluang pembelajaran yang dapat memperkenalkan peserta terhadap pentingnya pemahaman budaya lokal agar dapat diintegrasikan dengan teori, permasalahan di masyarakat, dan konsep TPB untuk menghasilkan solusi melalui peran teknologi.  

Kepala Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Marianus Yono Jehanu mengakui bahwa kolaborasi Binus University dengan Politeknik eLBajo Commodus dapat mendorong kemanjuan UMKM, khususnya di Desa Batu Cermin yang merupakan salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. 

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Manggarai Barat, Yosef Edward Nairum Nahas (Teddy Nahas) juga berterima kasih atas ide positif yang diberikan karena menjadi potensi untuk direalisasikan. 

"Hal ini merupakan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan,” tambahnya.

Direktur Politeknik eLBajo Commodus Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si, menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Binus University atas terselenggaranya kegiatan ICDP 2024 di Labuan Bajo. 

Ia bilang, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi nyata dari kerja sama strategis antara Binus University dan Politeknik eLBajo Commodus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui kerjasama ini, dapat terjalin hubungan yang lebih erat antara kedua institusi, serta mendorong terciptanya inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Terima kasih kepada Binus University dan semoga kerjasama yang telah terjalin dapat terus berlanjut dan semakin memberikan dampak positif bagi semua pihak,” ungkapnya.

Kolaborasi mahasiswa Binus University yang berada di Bandung, Semarang, dan Malang dengan Politeknik eLBajo Commodus melalui Program International Community Development Program 2024, merupakan upaya dalam mendorong komitmen pemberdayaan UMKM melalui keterlibatan lintas sektor dalam meningkatkan daya saing di pasar domestik dan internasional.

Terutama penekanan terhadap pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam membawa dampak yang relevan di masyarakat, serta mendukung pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan komunitas maupun UMKM melalui kolaborasi nasional dan internasional.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network