Pameran IFBC Surabaya 2024 Buka Kesempatan Pengusaha Muda Rintis Bisnis Waralaba

Ali Masduki
Pengunjung memadati area pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) Gedung ICBC Center Surabaya, Jawa Timur. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo menggelar Pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) Gedung ICBC Center Surabaya, Jawa Timur. Pameran waralaba dan peluang usaha terbesar dan terlengkap di Surabaya ini berlangsung dari tanggal 6-8 September 2024.

Pameran IFBC Surabaya dengan tema “Empowering Growth” tersebut guna mempertemukan masyarakat dengan berbagai franchise dan peluang usaha. Pameran IFBC Surabaya 2024 menghadirkan 102 merek peluang usaha yang terdiri dari waralaba, peluang bisnis, kemitraan, keagenan, investasi, hingga distributor. 

Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Septo Soepriyatno, mengungkapkan bahwa saat ini pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia cukup baik dengan bertumbuh sekitar 5 persen tiap tahun. 

Pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia ini tentunya cukup baik mengingat bisnis ini bisa menumbuhkan konsumsi dalam negeri yang ujungnya dapat menumbuhkan ekonomi nasional.

“Waralaba bisa menjadi solusi bagi masyarakat atau pebisnis pemula untuk memulai bisnis yang aman,” tuturnya di sela pembukaan Info Franchise and Business Concept (IFBC) 2024 di The Square Ballroom Surabaya, Jumat (6/9/2024).

Meski terkesan aman, Septo juga mengingatkan agar calon pemilik waralaba memahami segala risiko sebelum berbisnis waralaba. Ia mengingatkan prinsip 2L-Legal dan Logis dalam memilih jenis usaha waralaba.

“Pilihlah usaha yang sudah terdaftar dan memiliki izin waralaba berupa Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang tercatat di Kementerian Perdagangan,” tuturnya.

Saat ini Kementerian Perdagangan mencatat ada 151 pemberi waralaba dari dalam negeri yang memiliki STPW dan 149 pemberi waralaba asing. 

Sementara bidang usaha yang paling banyak diwaralabakan adalah makanan dan minuman (FnB) sebanyak 48,38 persen, kecantikan kesehatan sebanyak 11,26 persen dan pendidikan non formal sebanyak 10,6 persen.

Sementara itu PR Neo Expo Promosindo Fredy Ferdianto menjelaskan, melalui pameran ini pihaknya ingin mendukung pertumbuhan wirausaha dengan menyediakan spektrum lengkap bisnis waralaba, peluang usaha, dan kemitraan dari berbagai bidang usaha, mulai dari investasi di bawah 10 juta rupiah hingga milyaran rupiah. 

Selain menjadi ajang networking, pameran IFBC memberikan beragam referensi bisnis bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk berwirausaha.

Pameran IFBC berkomitmen untuk menyediakan ekosistem lengkap bagi pengunjung yang sedang mencari peluang bisnis, kemitraan dan bisnis. 

Selama Pameran IFBC Surabaya 2024, para pengunjung juga bisa melakukan konsultasi bisnis secara gratis dengan berbagai praktisi dan konsultan berpengalaman antara lain dari DK Consulting, Sarosa Consulting dan Benwarg Consulting.  

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network