Pengamanan Ketat Paslon di Pilkada Jombang 2024, Polisi Siapkan Pengawal Pribadi 24 Jam

Zainul Arifin
Kabagops Polres Jombang Kompol Bambang Setyobudi. Foto iNewsSurabaya/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Keamanan bagi pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jombang dalam Pilkada 2024 kini menjadi prioritas utama aparat kepolisian. Setelah resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang sebagai kandidat sah, setiap pasangan calon langsung dilengkapi dengan pengawal pribadi (Walpri) dari kepolisian.

"Pengawalan pribadi ini kami siapkan khusus untuk menjaga keselamatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang," ujar Kompol Bambang Setyobudi, Kabagops Polres Jombang, usai menghadiri penetapan pasangan calon di KPU Jombang, Minggu (22/9/2024).

Polres Jombang telah menyiagakan 21 personel, termasuk satu perwira pengendali, untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses Pilkada. Dari jumlah tersebut, 16 personel bertugas secara khusus sebagai pengawal pribadi yang akan menemani para calon selama 24 jam penuh, tanpa henti.

"Setiap pasangan calon akan mendapat delapan pengawal pribadi, dengan rincian empat pengawal untuk masing-masing calon. Pengawalan ini akan dimulai Senin (23/9/2024) dan berlangsung 24 jam sehari hingga pemungutan suara," tambah Bambang.

Personel yang ditunjuk untuk menjadi Walpri sudah melalui seleksi ketat yang mencakup aspek kesehatan, mental, ideologi, psikologi, hingga kemampuan bela diri praktis. Hal ini untuk memastikan bahwa pengamanan yang diberikan optimal dan profesional.

KPU Jombang telah menetapkan dua pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada serentak 2024. Pasangan pertama adalah Mundjidah Wahab dan Sumrambah, yang didukung oleh PPP, Demokrat, dan PDI Perjuangan. Sementara itu, pasangan Warsubi dan M. Salmanudin diusung oleh koalisi PKB, Gerindra, Golkar, PKS, PAN, dan Partai Nasdem.

"Kedua pasangan calon ini telah dinyatakan memenuhi syarat dan secara resmi ditetapkan sebagai kandidat Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada 2024," kata Ketua KPU Jombang, Udi Masykur, dalam sambutannya.

Dengan pengamanan ketat dan tahapan yang semakin mendekati hari pencoblosan, atmosfer Pilkada Jombang 2024 semakin memanas. Semua pihak kini menantikan siapa yang akan keluar sebagai pemimpin baru di Kabupaten Jombang.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network