Paslon Pilgub Jatim 2024 dapat Nomor Urut, Luluk-Lukmanul 1, Khofifah-Emil 2, Risma-Gus Hans 3

Lukman Hakim
Tiga pasangan calon pilgub jatim menunjukkan nomor urut. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Senin (23/9/2024).

Diketahui ada tiga pasangan calon (paslon) yang mengikuti pengundian nomor urut. Yakni, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Khakim.

Saat pengundian, Luluk - Lukman mendapatkan nomor urut 1. Kemudian Khofifah - Emil mendapatkan nomor urut 2 dan Risma - Gus Hans mendapatkan nomor urut 3.

Luluk Nur Hamidah mengaku bahagia mendapat nomor urut 1. Nomor urut 1 yang diperolehnya menandakan pasangan tersebut memiliki satu nyali, satu jiwa, satu barisan, satu perjuangan untuk Jatim yang lebih makmur. "Saya sangat berbahagia sekali dan Mas Lukman, kami berdua telah mendapatkan nomor urut satu," katanya. 

Ketua Umum Kopri PB PMII ini menilai nomor satu adalah nomor kemenangan yang memiliki filosofi kompleks. Semua pihak dikatakannya seringkali disatukan dengan seruan satu. “Setelah mendapat nomor urut 1, kami meyakini mampu memberikan semangat perubahan untuk Jatim yang lebih maju, masyarakatnya makmur,” jelasnya. 

Sedangkan Khofifah Indar Parawansa mengatakan, mendapatkan nomor urut 2 ini dianggap sebagai berkah. Sebab, angka 2 ini memiliki makna semangat dan optimisme keberlanjutan. 

“Angka 2 ini melambangkan semangat untuk melanjutkan pengabdian Khofifah-Emil mewujudkan Jawa Timur yang maju berprestasi, adil, makmur dan sejahtera,” imbuhnya.

Petahana ini menegaskan, selama lima tahun memimpin Jatim di periode pertama tahun 2019-2024, telah banyak prestasi yang dihasilkan. Bahkan, menjadi provinsi dengan prestasi terbanyak dibandingkan provinsi lain di Indonesia.

“Jatim telah berada pada posisi yang sangat prima menuju cita-cita Indonesia Emas 2045. Dan menjelang 2030, menjadi tahun-tahun yang sangat menentukan. Sehingga dibutuhkan kerja keras untuk menyongsong Indonesia Emas,” tegasnya.

Tak hanya itu, Khofifah menegaskan, pihaknya akan mendengarkan aspirasi masyarakat, bermasyarakat dengan hangat dan terbuka mewujudkan solusi. “Mari kita bergerak bersama, bekerja bersama dan berjuang bersama melanjutkan Jawa Timur yang maju, berprestasi, makmur dan adil serta sejahtera,” tandasnya.

Sementara itu, Tri Rismaharini bersyukur dirinya memperoleh nomor urut 3 pada Pilgub Jatim 2024. Sebab, kata dia, angka tiga tersebut sesuai dengan nama panjangnya Tri Rismaharini. Tri dalam bahasa Inggris memiliki makna tiga."Ini mungkin doa orang tua saya," kata Risma.

Gus Hans menambahkan, nomor 3 menunjukkan kelengkapan dari semua aspek kehidupan, yakni kelahiran, kehidupan, dan kematian. “Jika diberi amanah insyaallah bisa menyelesaikan semua aspek kehidupan, termasuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Diketahui, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim diusung oleh satu partai yakni PKB. Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak diusung 14 partai yakni Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKS, PPP, PSI, Perindo, Buruh, PBB, PKN, Gelora, Garuda dan Partai Prima. Sedangkan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan Partai Ummat.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network