Timnas Indonesia Kalah dari China, Begini Hitungan Peluang Lolos ke Piala Dunia 2026!

Arif Ardliyanto
Begini Hitungan Peluang Lolos ke Piala Dunia 2026. Foto iNewsSurabaya/Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kekalahan tipis 1-2 yang dialami Timnas Indonesia saat menghadapi Timnas China di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tampaknya membuat harapan semakin menipis. Namun, jangan putus asa dulu! Meskipun perjalanan semakin berat, kesempatan Garuda untuk melangkah ke pentas dunia terbesar itu masih ada.

Setelah melakoni empat pertandingan di Grup C, Timnas Indonesia kini berada di posisi kelima dengan koleksi tiga poin. Namun, jarak dengan Australia yang menempati posisi kedua batas terakhir untuk lolos otomatis ke Piala Dunia hanya dua angka. Artinya, peluang Timnas Indonesia masih sangat terbuka, asalkan mampu memaksimalkan pertandingan-pertandingan tersisa.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyebutkan bahwa Timnas membutuhkan total 15 poin untuk mengamankan posisi sebagai runner-up Grup C dan melaju ke Piala Dunia 2026. Dengan tiga poin yang sudah dikantongi, Timnas Garuda hanya membutuhkan tambahan 12 poin dari enam laga yang tersisa.

Jika kita melihat jadwal pertandingan yang tersisa, ada beberapa laga kunci yang bisa dimanfaatkan untuk menambah poin. Misalnya, Indonesia berpeluang besar meraih sembilan poin penuh dari tiga laga kandang, yaitu saat menjamu Arab Saudi (19 November 2024), Bahrain (25 Maret 2025), dan China (5 Juni 2025).

Sisa tiga poin lagi bisa diraih dari laga-laga berat, seperti menghadapi Jepang di kandang sendiri (15 November 2024), tandang ke Australia (20 Maret 2025), dan bertamu ke Jepang pada pertandingan terakhir (10 Juni 2025).

Tantangan berat jelas menanti, tetapi peluang masih ada. Kini, semua mata tertuju pada penampilan skuad Garuda. Mampukah Indonesia membalikkan keadaan dan mencatatkan sejarah baru di kancah sepak bola dunia?

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network