Debat Perdana Pilkada Kota Batu, Firhando Gumelar Dinilai Punya Inovasi Baru

Lukman Hakim
Firhando Gumelar Dinilai Punya Inovasi Baru untuk Kota Batu. Foto iNewsSurabaya/ist

BATU, iNewsSurabaya.id - Debat publik pertama pasangan calon (paslon) Walikota dan Wakil Walikota Batu 2024 telah digelar pada Senin (21/10/2024) malam di Hotel Golden Tulip, Kota Batu. Menampilkan tiga pasangan calon walikota dan wakil walikota, debat yang diinisiasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu ini berlangsung dalam enam segmen. 

Masing-masing paslon telah memaparkan visi-misi, pendalaman visi-misi dan program mereka dalam debat kali ini. Mereka juga saling bertanya mengenai beberapa hal yang relevan dengan tema debat yang meliputi pariwisata, pertanian, agraria, dan lingkungan hidup.

Dari pendalaman visi-misi yang disampaikan semua paslon, ahli politik dan kebijakan publik Universitas Brawijaya, Andhyka Muttaqin, mengatakan bahwa semua paslon hampir sama. Menurutnya, semua gagasan-gagasan yang disampaikan ketiga paslon pada debat kali ini cukup bagus. 

Namun, ia menilai paslon nomor 2 Firhando-Gumelar lebih menonjol karena ada sesuatu yang baru, terutama soal program Batu Smart Waste Management dan Batu Agribisnis Center. “Menurut saya ini hal yang benar-benar baru. Ini menarik dan visioner,” sebut Andhyka, Selasa (22/10/2024).

Sebab, sejauh pengamatan Andhyka, dalam debat perdana tersebut ada paslon yang sekadar menyampaikan pengalamannya selama menjadi anggota dewan dan apa yang sudah mereka kerjakan. Baginya, ini normatif dan tidak ada yang baru dan lebih visioner.  

“Paparan dan jawaban semua paslon bagus meski cukup standar. Kita belum bisa mendapatkan gambaran utuh tentang ide-ide yang telah mereka tuangkan dalam program masing-masing. Ini bisa dipahami, karena waktu yang mereka miliki sangat terbatas untuk menyampaikan secara utuh,” ujar Andhyka.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network