SURABAYA, iNEWSSURABAYA.ID – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, salah satu bank terkemuka di Indonesia, telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp21 triliun selama periode Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 3 April 2025. Persiapan ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan uang tunai dapat tercukupi selama Hari Raya Idul Fitri 2025.
Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menjelaskan bahwa alokasi uang tunai sebesar Rp21 triliun ini merupakan upaya untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat akan uang tunai selama libur panjang dan Idul Fitri. Meski demikian, Okki menambahkan bahwa peralihan nasabah ke layanan perbankan digital turut mempengaruhi penurunan kebutuhan uang tunai, dibandingkan dengan tahun lalu.
“Seiring beralihnya perilaku nasabah ke digital banking, kami melihat adanya pengurangan transaksi tarik tunai di ATM, Cash Recycle Machine (CRM), maupun outlet cabang. Meski demikian, kebutuhan uang tunai selama Lebaran tetap besar, dan kami memastikan uang tunai yang disiapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar Okki, pada Rabu (12/3/2025).
BNI juga mencatatkan peningkatan signifikan dalam transaksi digital pada awal tahun 2025. Nilai transaksi melalui BNI mobile banking dan wondr by BNI mengalami pertumbuhan sebesar 36,7% pada Januari 2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, frekuensi transaksi digital juga meningkat sebesar 35,4%. Bahkan, pada periode Lebaran 2024, transaksi digital ini tercatat tumbuh 29% dibandingkan Januari 2025.
“Dengan didukung oleh layanan digital perbankan yang semakin kuat, serta jaringan yang terintegrasi dengan baik, kebutuhan perbankan nasabah akan tetap kami penuhi,” tambah Okki.
Pada Lebaran tahun ini, BNI juga akan mengoperasikan 31 outlet kantor cabang dengan layanan terbatas mulai 28 Maret hingga 7 April 2025. Outlet-outlet tersebut akan melayani transaksi seperti setoran, penarikan, pemindahan rekening sesama BNI (maksimal Rp25 juta), setoran BBM Pertamina, serta pembukaan rekening dan transaksi lain yang membutuhkan layanan langsung di cabang.
Selain itu, BNI menyediakan Layanan Gerak BNI (O-Branch) yang hadir di 16 lokasi titik jalur mudik, tempat wisata, dan lokasi strategis lainnya. Nasabah juga dapat memanfaatkan 214 ribu BNI Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia, serta menggunakan ATM, CRM, dan aplikasi digital wondr by BNI yang telah digunakan oleh lebih dari 6,4 juta pengguna hingga akhir Februari 2025.
Okki juga menjelaskan bahwa alokasi uang tunai di ATM dan kantor cabang BNI masih didominasi oleh wilayah Pulau Jawa, terutama di kota besar seperti Jabodetabek. Namun, menjelang H-2 Lebaran, persiapan uang tunai akan bergeser ke daerah-daerah tujuan mudik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang pulang kampung.
“Persiapan ini kami lakukan untuk memastikan kelancaran transaksi dan pemenuhan kebutuhan perbankan masyarakat selama Lebaran 2025,” tutup Okki.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait