SURABAYA - Menjelang libur Hari Raya Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) telah menyiapkan berbagai strategi untuk memastikan kelancaran operasional dan arus barang di pelabuhan.
Libur panjang identik dengan lonjakan aktivitas di pelabuhan, termasuk di TPS. Peningkatan arus masuk barang untuk kebutuhan Lebaran, pembatasan operasional truk di jalan nasional, dan libur nasional serta cuti bersama menjadi faktor utama yang mempengaruhi peningkatan aktivitas layanan di TPS.
Direktur Operasi TPS, Rino Wisnu Putro, mengungkapkan bahwa TPS telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran operasional selama peak season, baik dari sisi operasional, SDM, engineering, IT, serta safety and security.
"Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kelancaran arus barang selama periode sibuk ini," ujar Rino.
Untuk menghadapi potensi lonjakan aktivitas layanan selama peak season, TPS telah menetapkan sejumlah strategi.
Pertama, TPS akan berkoordinasi dengan Bea Cukai dalam hal izin pengaturan area penumpukan peti kemas ekspor dan impor. Hal ini bertujuan untuk memastikan ruang yang cukup bagi peti kemas yang datang selama periode sibuk.
Kedua, TPS akan melakukan housekeeping atau pembersihan lapangan penumpukan peti kemas impor untuk menyiapkan ruang penumpukan yang lebih luas.
Selain itu, TPS juga akan meningkatkan operasional stack height menjadi 5 tumpukan (tier) untuk kapal feeder, guna meningkatkan kapasitas penumpukan peti kemas ekspor.
Ketiga, TPS akan menerapkan kebijakan Pemindahan Lokasi Penimbunan (PLP) untuk peti kemas yang telah lebih dari 3 hari berada di lapangan penumpukan.
Peti kemas tersebut akan dipindahkan ke Lini II di luar area TPS, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 25 Tahun 2017.
Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan ruang penumpukan, meningkatkan efisiensi operasional, dan memastikan kelancaran arus barang selama peak season libur Hari Raya Nyepi, Idul Fitri, dan Cuti Bersama 2025.
Dari sisi operasional, TPS akan beroperasi non-stop 24 jam, 7 hari dalam seminggu, kecuali pada Hari H Idul Fitri. Pada Hari H+1, TPS akan kembali beroperasi normal mulai pukul 00:01 WIB.
Bagi pengguna jasa yang memiliki keluhan atau pertanyaan terkait layanan TPS, Customer Service TPS siap membantu (24/7) dan dapat dihubungi melalui saluran telepon di (031) 320 2020 atau melalui email ke alamat CS@tps.co.id.
Dengan berbagai langkah persiapan yang telah disusun, TPS optimis dapat menjaga kelancaran operasional dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa selama periode peak season Libur Hari Raya Nyepi, Idul Fitri dan Cuti Bersama 2025.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait