SURABAYA - Kereta Commuter Line semakin populer sebagai moda transportasi utama bagi berbagai kalangan masyarakat. Menanggapi hal ini, KAI Commuter terus berupaya meningkatkan kualitas layanannya, salah satunya dengan meluncurkan "Kartu Disabilitas" di seluruh wilayah operasionalnya, termasuk di Wilayah 8 Surabaya.
Kartu Disabilitas ini dirancang untuk menjamin aksesibilitas dan kenyamanan bagi pengguna dengan disabilitas di Commuter Line.
Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, menjelaskan bahwa peluncuran kartu ini merupakan langkah nyata dalam meningkatkan layanan kepada pengguna di Wilayah 8 Surabaya, khususnya pengguna dengan disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.
"Kartu Disabilitas ini menjawab kebutuhan para pengguna dengan disabilitas yang sebelumnya seringkali kesulitan mengomunikasikan kondisi mereka kepada penumpang lain," ujar Asdo usai peluncuran kartu disabilitas, di Surabaya, Jumat (14/3/2025).
Kartu tersebut akan membantu mereka mendapatkan prioritas dan memastikan kebutuhan khusus mereka terpenuhi.
Penyandang disabilitas dapat memperoleh Kartu Disabilitas dengan mendaftar secara online Setelah proses verifikasi, petugas akan menghubungi pengguna untuk proses pengambilan kartu di Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Blitar, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Lamongan.
Selain Kartu Disabilitas, KAI Commuter telah menyediakan layanan khusus disabilitas melalui nomor 081296605747 sejak akhir tahun 2019. Melalui nomor ini, pengguna dengan disabilitas dapat meminta bantuan petugas stasiun saat akan naik menggunakan Commuter Line.
Data menunjukan bahwa pada tahun 2024, sebanyak 883 pengguna disabilitas memanfaatkan fasilitas ini, menunjukkan peningkatan sebesar 19% dibandingkan tahun 2023.
Peluncuran Kartu Disabilitas merupakan bukti nyata komitmen KAI Commuter dalam mendukung inklusi disabilitas, sejalan dengan Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 Pasal 18 tentang Penyandang Disabilitas serta Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri.
Asdo juga mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk menunjukkan kepedulian dengan memberikan kursi kepada pengguna berkebutuhan khusus, seperti disabilitas dan penumpang prioritas lainnya.
Dengan diluncurkannya Kartu Disabilitas, KAI Commuter semakin menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi seluruh pengguna, termasuk bagi pengguna dengan disabilitas.
Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai identitas, tetapi juga menjadi simbol dari upaya KAI Commuter untuk menciptakan lingkungan transportasi kereta api y0ang inklusif dan nyaman bagi semua.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait