
SURABAYA – PT Pelindo Multi Terminal, subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero), berhasil melayani 791.516 penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2025 (16 Maret – 16 April). Angka ini menunjukkan peningkatan 6% dibandingkan periode yang sama tahun 2024 (747.120 penumpang).
Pelindo Multi Terminal mengelola delapan cabang terminal penumpang di Sumatera (Sibolga, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun), Jawa (Gresik, Tanjung Emas Semarang), Sulawesi (Parepare), dan Nusa Tenggara (Lembar, Bima).
Direktur Operasi Pelindo Multi Terminal, Arif Rusman Yulianto, menyampaikan apresiasinya atas kerja sama seluruh pihak dalam kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2025.
"Persiapan matang SDM, sarana, fasilitas, dan peningkatan layanan operasional telah dilakukan jauh hari untuk memastikan kelancaran perjalanan masyarakat yang menggunakan transportasi laut," ujar Arif.
Selain penumpang, Pelindo Multi Terminal juga melayani 40.803 unit kendaraan selama periode tersebut, didominasi oleh cabang Sibolga, Gresik, Tanjung Emas, Lembar, Bima, dan Parepare. Angka ini meningkat 2,8% dibandingkan tahun lalu.
Arif menjelaskan, tren positif ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap transportasi laut, khususnya untuk wilayah kepulauan dan antar pulau.
"Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas layanan demi keamanan dan kenyamanan perjalanan," tegasnya.
Cabang Tanjung Balai Karimun menjadi yang tersibuk dengan 270.627 penumpang, diikuti Tanjungpinang (250.887 penumpang) dan Parepare (97.174 penumpang).
"Keberhasilan ini merupakan kontribusi nyata Pelindo Multi Terminal dalam mendukung masyarakat merayakan Idulfitri bersama keluarga. Kami akan terus melakukan evaluasi untuk memberikan layanan optimal setiap tahunnya," tandasnya.
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait