AirNav Indonesia Perkuat Kapasitas Komunikasi Digital Insan Kehumasan BUMN

Ali Masduki
Melalui workshop ini, AirNav Indonesia menegaskan komitmennya dalam memperkuat kapasitas komunikasi digital insan kehumasan. Foto/AirNav Indonesia

SURABAYA - AirNav Indonesia, sebagai salah satu BUMN Layanan Navigasi Penerbangan, mendukung penuh Kementerian BUMN dalam upaya memperkuat komunikasi di era digital. 

Hal itu diwujudkan melalui penyelenggaraan Workshop Komunikasi: Komunikasi Melalui Media Sosial dengan Optimasi AI yang berlangsung pada tanggal 24-25 April 2025 di Palm Park Hotel Kota Surabaya.
 
Workshop ini dihadiri oleh 125 peserta, yang terdiri dari para PIC Komunikasi, influencer BUMN, dan pimpinan regional dari berbagai wilayah. Acara ini merupakan langkah strategis dalam mengakselerasi digitalisasi komunikasi BUMN yang inklusif dan akuntabel.
 
Pada hari pertama, workshop diisi dengan sesi intensif bersama para pakar komunikasi digital dan teknologi. Beberapa pemateri ternama yang hadir antara lain, Putri Viola, Juru Bicara Kementerian BUMN: Mengajarkan tentang komunikasi efektif di era keterbukaan informasi.

Kemudian Teuku Gandawan Xasir Pengenalan & Pemanfaatan AI dalam Strategi Komunikasi Digital: Menyampaikan materi tentang pemanfaatan AI dalam strategi komunikasi digital.

Selanjutnya Reynaldi Francois – CEO Zando Agency & Co-Founder Aico Community: Membimbing peserta dalam pembuatan akun dan konten media sosial berbasis AI.

Sedangkan Grahita Muhammad, VP Komunikasi PLN: Membagikan tips manajemen tim komunikasi yang adaptif.


 
Hari kedua dilanjutkan dengan site visit ke tiga aset strategis BUMN: Galangan Pelni Surya Surabaya, Rumah BUMN Surabaya, dan PT Petrokimia Gresik. Kunjungan ini menjadi bagian dari praktik langsung peliputan, produksi konten, dan storytelling berbasis lapangan. 

Hal ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis dari BUMN kepada masyarakat.

Hermana Soegijanto, Corporate Secretary AirNav Indonesia, menegaskan  pentingnya komunikasi yang transparan dan partisipatif. 

"Penguatan fungsi komunikasi BUMN tidak hanya penting untuk tata kelola internal, tetapi juga berperan besar dalam menyampaikan program, manfaat, dan keberpihakan BUMN kepada masyarakat luas," ujar Hermana.
 
"Hal ini sejalan dengan Asta Cita, yakni visi pembangunan nasional yang diusung Pemerintah Indonesia. Komunikasi yang transparan dan partisipatif menjadi instrumen penting dalam menjaga kepercayaan rakyat terhadap BUMN, dan juga AirNav Indonesia," tambahnya.
 
Melalui workshop ini, AirNav Indonesia menegaskan komitmennya dalam memperkuat kapasitas komunikasi digital insan kehumasan. 

Pemanfaatan teknologi berbasis AI serta praktik langsung di lapangan diharapkan mampu mendorong inovasi, meningkatkan keterlibatan publik, dan membangun citra positif perusahaan di era komunikasi digital yang terus berkembang.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network