SURABAYA, iNews.id - Tiket.com, Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, menghadirkan sebuah program baru bertajuk Jagoan Pariwisata
Jagoan Pariwisata adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan para pelaku dan penggiat usaha wisata dari 4 (empat) desa wisata Jejaring Desa Wisata (JADESTA).
Sehingga para pelaku usaha wisata dapat mengembangkan bisnisnya dengan berkesinambungan dan memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional.
Pada penyelenggaraan perdana, Jagoan Pariwisata akan melaksanakan program mentorship terpadu secara hybrid ke empat Desa Wisata di Indonesia.
Diantaranya Desa Mulyaharja di Bogor, Desa Condet di Jakarta Timur, dan Desa Kaki Langit Mangunan dan Desa Dewi Sambi yang berada di Yogyakarta.
Para pelaku usaha wisata di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori yang dipertandingkan dalam ajang Jagoan Pariwisata.
Menuju kompetisi, tiket.com menyediakan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan yang akan dipandu langsung oleh para karyawan tiket.com yang didukung oleh tim Inspigo, selaku mitra penyelenggara program ini.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan solusi dari berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku usaha lokal, sehingga dapat menjalankan usahanya dengan mengedepankan strategi dan inovasi secara berkelanjutan.
Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, Gaery Undarsa menjelaskan, Jagoan Pariwisata merupakan salah satu upaya tiket.com dalam mendukung inisiatif pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
Terutama untuk memberdayakan masyarakat yang adaptif dan berdaya saing, sehingga menghasilkan pelaku bisnis lokal yang unggul dalam bidang pariwisata.
"Program ini juga merupakan upaya tiket.com dalam mendorong keberadaan Desa Wisata di Indonesia agar lebih dikenal oleh masyarakat dan menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” katanya, Selasa (02/8/2022).
Gaery melajutkan, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan perayaan anniversary tiket.com ke-11, inisiatif program Jagoan Pariwisata dicetuskan tiket.com untuk mencari para pelaku usaha di bidang pariwisata yang memiliki visi, misi serta kapabilitas bisnis yang andal.
"Para pelaku bisnis di empat Desa Wisata ini akan berkompetisi, meramu strategi bisnis terbaik untuk dapat memenangkan penghargaan yang terdiri dari empat kategori utama, yaitu Best Tourist Attraction, Best Homestay, Best Souvenir & Culinary serta Best Digital & Creative," jelasnya.
Setelah melalui sesi mentoring dan lokakarya, di tahap akhir para peserta akan membuat proposal strategi bisnis dan mempresentasikan kepada jajaran juri, termasuk Yoris Sebastian, pada malam penganugerahan di bulan Oktober 2022 mendatang.
Co-Founder Inspigo, Yoris Sebastian menegaskan, bahwa ia cukup antusias terhadap program Jagoan Pariwisata. Karena sesuai dengan visi Inspigo, yaitu mendorong dan menginspirasi para pelaku usaha di bidang pariwisata untuk #JadiLebihSiap.
"Sungguh sejalan dengan inisiatif cermat ini. Saya sudah tidak sabar untuk berbagi pengalaman, membina para mentor, serta menyimak langsung berbagai solusi strategis dalam mengatasi tantangan dari sesi awarding yang akan datang,” tegasnya.
Mentor-mentor yang memberikan pelatihan dalam program Jagoan Pariwisata merupakan karyawan tiket.com yang terdiri dari para profesional berbakat, yang telah mengukir prestasi gemilang di bidang dan industri masing-masing dan saat ini tengah berkarir di tiket.com.
Chief People Officer, tiket.com, Dudi Arisandi mengatakan, program mentoring di Jagoan Pariwisata adalah upaya tiket.com dalam merancang dan memposisikan Jagoan Pariwisata sebagai salah satu opportunity bagi karyawan tiket.com, untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam membina keterampilan para pelaku usaha di desa wisata.
“Kami mendesain program ini agar juga turut membawa manfaat bagi karyawan tiket.com (t-fam), yaitu pengetahuan mendalam akan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku dan penggiat bisnis lokal di desa wisata. Harapan tiket.com adalah semoga para mentor tiket.com dan peserta program di 4 (empat) desa wisata dapat sama sama #BulatkanTiketmu temukan solusi strategis cerdas dan cermat untuk mengembangkan desa wisata mereka," paparnya.
Selain menjadi bagian dari rangkaian kegiatan anniversary tiket.com ke-11, Jagoan Pariwisata juga menjadi salah satu program keterlibatan karyawan dalam kegiatan tim people (SDM) yang terpadu, dengan manfaat untuk berbagi pengetahuan melalui mentorship tidak hanya terkait industri pariwisata secara bisnis.
Namun juga pemahaman dan pengenalan mendalam mengenai ekosistem kerja di perusahaan berbasis teknologi. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi t-fam (karyawan tiket.com) untuk berkunjung serta mengenal secara langsung komunitas warga dan budaya Desa Wisata setempat.
Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak para pelaku usaha wisata untuk memanfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan usaha di bidang pariwisata,
Menurut Sandi, sebagai pelopor Online Travel Agent di Indonesia, karya anak bangsa, tiket.com, telah memberikan warna baru dan sumbangsih pengalaman terbaik bagi wisatawan dengan membawa industri pariwisata Indonesia naik kelas ke ranah digital. Sehingga dapat terakses oleh seluruh masyarakat,
"Program ini akan membantu memberikan solusi nyata bagi isu yang dihadapi oleh para penggiat dan pelaku pariwisata, sekaligus memberikan kiat jitu dalam mengoperasikan usaha pariwisata dengan lebih cerdas," kata Sandi.
Bersama Yoris Sebastian dari Inspigo selaku mentor lead yang akan memimpin mentor2 dari t-fams (karyawan tiket.com) dalam memberikan bimbingan dan pelatihan bisnis terpadu. Sandiaga mengucapkan selamat kepada tiket.com dan pelaku usaha wisata yang nantinya terpilih mengikuti program Jagoan Pariwisata.
"Gunakan dan manfaatkan kesempatan yang langka ini untuk meningkatkan kapasitas usaha wisata Anda. Tetap semangat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pariwisata Indonesia,” tuturnya.
Berdasarkan data yang dirilis oleh Kemenparekraf RI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di bulan April 2022 mencapai 11.000, atau naik 5 (lima) kali lipat (YoY).
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), per Mei 2022, jumlah penumpang angkatan udara domestik naik 40,41% (MoM) atau sebanyak 19,8 juta orang.
Naiknya angka kunjungan wisata oleh para turis tentu perlu diimbangi dengan kemampuan adaptasi dan inovasi yang baik dari para penggiat bisnis di industri pariwisata untuk bertahan di tengah persaingan, demi meningkatkan kualitas layanan dan memberikan pengalaman wisata terbaik kepada seluruh pengunjung.
Editor : Ali Masduki