get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Mahasiswa Surabaya Gelar Aksi Tolak Politik Dinasti di Untag Surabaya

Untag Surabaya Dipercaya Jepang Jadi Tempat Tes Masuk Univesitas 

Selasa, 16 November 2021 | 09:55 WIB
header img
Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya menjadi kampus yang dipercaya menyeleksi mahasiswa yang akan masuk Perguruan Tinggi di Jepang

SURABAYA, iNews.id - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mendapat kepercayaan dari Jepang. Kampus Merah-Putih ini menjadi tempat tes masuk universitas di Jepang atau Examination for Japanese University (EJU) yang diselenggarakan oleh Japan Student Service Organization (JASSO).

Di Indonesia ada dua Perguruan Tinggi (PT) yang dipercaya menjadi menjadi tuan rumah EJU, yakni Untag Surabaya dan Universitas Indonesia (UI). Kedua PT dianggap Pemerintah Jepang mampu memberikan rasa aman dalam pelaksanaan tes masuk universitas-universitas di Jepang. “Untag Surabaya sudah dipercaya memiliki ruangan yang sesuai dengan persyaratan dari prokes yang diminta oleh Pemerintah Jepang, sebagaimana kita tahu Pemerintah Jepang sangat detail dan memperhatikan sekali tentang keamanan serta kenyamanan dari peserta,” ucap Kepala Program Studi (Kaprodi) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya, Endang Poerbowati.

Menurt dia, sebanyak empat kelas disediakan Untag Surabaya untuk mengakomodir 60 peserta tes yang hadir. Untag telah menyiapkan screening awal dengan aplikasi PeduliLindungi, kemudian dilanjutkan dengan cek suhu, serta diberlakukannya pembatasan disetiap ruang yang hanya diisi maksimal 50% dari kapasitas ruang.

Selain itu, seluruh peserta wajib menggunakan masker dan mencuci tangan. Upaya ini dilakukan sebagai komitmen Prodi Sastra Jepang dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Jepang. “Yang paling penting, rasa aman dan motivasi kepada peserta untuk tetap semangat meraih mimpi ditengah situasi pandemic,” papar Endang.

Konsul Muda Jepang-Tsumura Moe mengatakan, Konjen Jepang sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Untag yang sudah bekerjasama untuk pelaksanaan EJU. “Kami sangat berterimakasih kepada Untag Surabaya yang sudah bekerjasama dalam pelaksanaan EJU pada hari ini, dengan tetap dilaksanakan tes EJU ditengah pandemic. Ini menjadi sebuah motivasi bagi seluruh peserta yang sempat tertunda untuk menempuh pendidikan di Jepang,” tutur Tsumura.

Sementara itu, pelaksanaan Examination for Japanese University (EJU) yang diselenggarakan oleh Japan Student Service Organization (JASSO) bekerjasama dengan International Multicultural (I’Mc) Center Surabaya. Event EJU dilaksanakan di Gedung Graha Prof Dr. H. Roeslan Abdulgani lantai 3, dan dibuka langsung Konsul Muda Jepang, Tsumura Moe dan didampingi oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya, Dra. Endang Poerbowati, M.Pd. Kegiatan uji terlaksana serentak di dua tempat Universitas Indonesia untuk Indonesia bagian Barat dan Untag Surabaya untuk Indonesia bagian Timur.(arif)

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut