get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

Nenek-Moyang Pelaut, Warga Bone Adakan Kegiatan Diatas Kapal

Senin, 29 November 2021 | 13:12 WIB
header img
Warga keturunan Bone, Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan diatas kapal Phinisi, di Perak Surabaya.(Foto : iNewsSurabaya/arif)

SURABAYA, iNews.id – Warga keturunan Bone, Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan diatas kapal Phinisi, Perak Surabaya. Kegiatan ini sebagai bentuk untuk mengingat nenek-moyang yang bekerja sebagai pelaut.

“'Kami dari Forum Komunikasi Masyarakat Bone Raya atau (FKMBR) mengadakan pertemuan diatas kapal. Kebetulan ada anggota kami yang menawarkan untuk melaksanakan kegiatan diatas Kapal Phinisi-nya,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Surabaya Forum Komunikasi Masyarakat Bone , Syaifullah.

Acara ini, ujarnya dilakukan untuk merayakan setahun berdirinya organisasi yang sudah berbadan hukum. Tema kegiatan FKMBR tahun ini adalah akan pentingnya anggota untuk tidak melupakan asal-muasalnya.

“'Anggota FKMBR di Surabaya ada sekitar 1000-an. Kebanyakan sudah keturunan kedua dan ketiga,” paparnya.

Syaiful menerangkan, kegiatan yang dilakukan ini sebagai bentuk untuk mengingatkan akan tanah lelulur sebagai pelaut. Meski, saat ini sebagian besar dari anggotanya bukan lagi sebagai pelaut.

“'Memang ada yang masih jadi pemilik kapal maupun pelaut. Tapi banyak dari kami yang menekuni profesi di luar itu,” terangnya.

Suasana kekeluargaan warga Bone semakin terasa dengan sajian makanan yang mayoritas berasal dari laut. Pengurus dan FKMBR menyantap ikan laut yang dibakar dan dimasak olahan. “'Kami seperti berada di kampung halaman,”' ucap Syaiful.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut