get app
inews
Aa Read Next : Menhan Prabowo Resmikan 12 Titik Sumber Air di Pamekasan

Keren! Mahasiswa KKN ITS Dampingi Produksi Pemurnian Garam, Ini Sistem Baru yang Dikenalkan BUMDes

Selasa, 08 November 2022 | 08:17 WIB
header img
Mahasiswa KKN ITS membuat terobosan baru untuk mengelola garam menjadi lebih baik. Mereka membuat sistem yang dikenalkan di BUMDes Pamekasan. Foto iNewsSurabaya/ist

PAMEKASAN, iNews.id - Terobosan baru dilakukan Tim Abmas ITS dan mahasiswa KKN yang melakukan pendampingan dalam proses produksi garam konsumsi di BUMDes Mutiara Saghara di Desa Bunder Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.  Mereka membuat sistem baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Desa Bunder merupakan satu bentuk dari desa tematik yang digagas oleh pemerintah kabupaten Pamekasan  dan menjadi salah satu program prioritas Bupati dalam meningkatkan perekonomian desa. 

Dilokasi ini, garam menjadi komoditas unggulan untuk mengembangkan Eduwisata Garam sebagai solusi peningkatan kesejahteraan warga. Inovasi yang dilakukan oleh BUMDes “Mutiara Saghara” dalam hal pengolahan garam yaitu pemurnian garam menggunakan metode rekristalisasi dan penambahan iodium sehingga bisa dimanfaatkan sebagai garam konsumsi. 

Dalam kegiatan abmas ini, tim abmas memberikan masukan terkait proses rekristalisasi garam yang telah dilakukan selama ini. 

Garam produksi BUMDes Mutiara Saghara selama ini masih sebatas sebagai souvenir bagi pengunjung Eduwisata Garam. Garam yang diproduksi belum dijual di pasaran karena terkendala hasil uji laboratorium  dan perizinan. 

Untuk itulah, tim abmas ITS yang diketuai oleh Mohammad Sholikhan Arif, S.T., M.T.  melihat sebagai sebuah kesempatan untuk membantu menyempurnakan proses pembuatan garam iodium dengan menerapkan teknologi terbaru. 

”Inovasi yang dikembangkan oleh BUMDes Mutiara Saghara ini sangat bagus, dan perlu kita dukung agar bisa menghasilkan produk yang dapat dipasarkan dan meningkatkan perekonomian di Desa Bunder ini” ujar Sholikhan.

Dalam penambahan iodium proses produksi garam konsumsi, BUMDes ini masih menggunakan metode manual, sehingga terkadang hasil kurang tercampur sempurna.

Untuk itu, mahasiswa KKN berjumlah 10 mahasiswa berinisiatif merancang mesin injeksi iodisasi sehingga yodium dapat bercampur lebih sempurna. Kegiatan ini berlangsung selama 4 bulan, dan semua anggota tim terlibat sepenuhnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut