get app
inews
Aa Read Next : PosIND Gelar Nobar di Posbloc Surabaya, Dukung Timnas U-23

Gilas Laos, Timnas Indonesia Pimpin Klasemen Sementara Grup B Piala AFF

Minggu, 12 Desember 2021 | 19:36 WIB
header img
Indonesia menang telak 5-1 atas Laos pada babak pertama lanjutan fase Grup B Piala AFF 2020. Kini Indonesia sementara menempati puncak klasemen grup B. (foto: Twitter/PSSI).

SINGAPURA, iNews.id - Timnas Indonesia melakoni laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2020 dengan berhadapan dengan Laos. Indonesia menang dengan skor mengesankan (5-1).

Bermain di Stadion Bisnan, Singapura, Minggu (12-12-2021) Tim merah-putih berhasil melibas Laos dengan Skor 5-1. Lima gol besutan Pelatih Shin Tae-yong di ciptakan oleh  Asnawi Mangkualam (P) menit ke -22, Irfan Jaya menit ke -35, Witan Sulaiman menit ke -56, Ezra Walian menit ke -76 dan di tutup Gol Evan Dimas Darmono di menit ke -84. Sedangkan Gol balasan Laos di Ciptakan oleh K. Souvanny di menit ke -41.

Dengan kemenangan tersebut membuat Skuad Garuda berhasil memimpin puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan 6 poin unggul selisih gol atas Malaysia yang akan  bertanding melawan Vietnam Minggu malam (12-12-2021).

Babak pertama, Timnas Indonesia langsung menggurung pertahanan Laos sejak menit-menit awal babak pertama. Sedangkan Laos menerapkan strategi parkir Bus dengan menumpuk hampir semua pemain di lini belakang dan mengandalkan serangan balik.

Menit ke -13 Rachmat Irianto mencoba peruntungan dengan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti, namun tendangannya melenceng disisi gawang Laos.

Skuad Garuda nampak kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan Laos dan memaksa pemain Indonesia melakukan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti.

Menit ke -17 Evan Dimas melakukan tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti, sayang tendangannya masih lemah dan dengan mudah di tangkap kiper Laos, yang di kawal Souvannasangso.

Indonesia akhirnya memimpin di menit ke 22 melalui penalti Asnawi Mangkualam. Penalti di berikan setelah Dewangga di langgar pemain Laos di area kotak penalti. Asnawi yang mengambil eksekutor penalti berhasil menjalankan tugasnya, setelah sepakan kerasnya menghujam kesudut kanan atas gawang Souvannasangso. Skor berubah menjadi 1-0 untuk pasukan Shin Tae-yong.

Permainan Tim merah-putih nampak belum maksimal, para pemain sering melakukan salah passing.

Menit ke -35 Timnas Indonesia berhasil menggandakan keunggulan 2-0 melalui Irfan Jaya memanfaatkan umpan silang Asnawi Mangkualam. 

Unggul 2-0 membuat tekanan Indonesia semakin kencang ke jantung pertahanan Laos. Namun sayang keasyikan menyerang Timnas Indonesia di kejutkan gol balasan pemain Laos.

Melalui serangan balik cepat Laos berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1 di menit ke -41 melalui kaki K. Souvanny tendangan keras kaki kanannya merobek jala Ernando Ari.

Semenit kemudian Irfan Jaya mendapat peluang melalui sundulannya menerima umpan silang dari Ricky Kambuaya namun Sundulan Irfan melambung di atas mitar gawang Laos.

Di menit akhir tepatnya menit ke -44 Irfan Jaya kembali mendapat peluang, kali ini melalui tendangan bebas. Sayang tendangannya masih melenceng tipis di sisi gawang Souvannasangso.

Skor 2-1  menutup babak pertama untuk keunggulan Timnas Indonesia tidak berubah.

Babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memasukan tenaga baru untuk menambah daya gedor timnas Indonesia. Witan Sulaiman masuk menggantikan K.Yudo, Elkan Baggot masuk menggantikan Rachmat Irianto.

Pergantian pemain ternyata membuahkan hasil. Witan Sulaiman yang baru masuk membawa Indonesia menambah keunggulan di menit ke -56 memanfaatkan umpan mendatar Irfan Jaya, Sontekan Kaki kiri Witan meluncur mulus di sisi kiri gawang Souvannasangso. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Indonesia.

Di babak kedua permainan menjadi milik Timnas Indonesia, sementara Laos harus bertahan total dan  mengandalkan serangan balik sporadis.

Menit ke -68 peluang di dapat Witan Sulaiman yang sudah satu lawan satu dengan kiper Laos, Souvannasangso, namun sayang sontekanya melenceng di sisi kiri gawang Laos.

Menit ke -70 kembali Indonesia melakukan pergantian pemain, Dedik Setiawan di gantikan Ezra Walian, Risky Ridho di gantikan Fachrudin Arianto.

Kembali pergantian membuahkan hasil bagi timnas Indonesia. Ezra Walian yang baru 8 menit masuk lapangan berhasil memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 4-1. Menerima umpan silang mendatar dari Witan di mulut gawang Laos, dengan sekali sontek Ezra menceploskan bola ke gawang Souvannasangso.

Menit ke -79 Fachrudin Arianto berhasil mencetak gol namun harus di anulir oleh wasit. Sebelum cetak gol Fachrudin kedapatan melakukan pelanggaran terhadap pemain Laos.

Di 10 menit terakhir Indonesia memiliki beberapa peluang Emas. Menit ke -80 Ramai Rumakiek yang baru masuk lapangan melancarkan tendangan keras dari luar kotak penalti, namun bisa di tepis dengan gemilang kiper Laos, Souvannasangso.

Satu menit kemudian giliran Elkan Baggot yang mendapat peluang emas melalui sundulannya memanfaatkan sepak pojok, sayang mistar gawang menggagalkan peluang Elkan.
 
Laos membalas peluang emas melalui Ketkeophomphone di menit ke -82, namun Ernando Ari berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Menit ke -84 Indonesia kembali menambah keunggulan menjadi 5-1 melalui kaki sang Kapten Evan Dimas Darmono. Menerima umpan lambung Dewangga dari lini tengah, Evan Dimas berhasil menyontek bola masuk ke gawang Laos. 

Di masa injury time tepatnya menit ke -91 Asnawi Mangkualam hampir menambah keunggulan Indonesia andai tendangan keras kaki kirinya tidak bisa di selamatkan dengan baik oleh Souvannasangso.

Sampai akhir babak kedua skor 5-1 tidak berubah untuk keunggulan Timnas Indonesia atas Laos.

Susunan Pemain

Laos XI (5-4-1): Keo Souvanasangsgo; Mitsada Saitafa, Thipphachanh, Inthavong, Kaharn Phetsivilay, Leungleuang, Keophouvong, Pouttasay Kouchalern, Phatthana Phommathep, Bounpachan Boukong, Xeedee Phomsavanh, Billy Katkeophomphone, Kydavone Souvanny

Pelatih: V. Selvaraj

Indonesia XI (4-3-3): Ernando Ari; Edo Febriansah, Rizky Ridho, Evan Dimas, Kushedya Hari Yudo, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Dedik Setiawan, Alfeandra Dewangga

Pelatih: Shin Tae-yong

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut