SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka, menggelar kompetisi desain interior bagi mahasiswa Jawa Timur.
Lomba bertajuk “Bosch Surabaya Interior Design Competition (BSIDC) 2023” ini sudah buka dan peserta bisa registrasi sejak 12 Desember 2022.
Puncak kegiatan direncanakan berlangsung pada 17 Maret 2023 mendatang. Menariknya, ketiga pemenang BSIDC 2023 terseleksi dan terpilih akan mendapatkan hadiah total senilai Rp 22 juta.
Lebih dari itu, karya pemenang utama akan dibangun menjadi flagship and experience center terbesar di Jawa Timur, yang sekaligus berperan sebagai kantor Bosch di Surabaya.
Desain hasil kreasi mahasiswa arek asli Jatim tersebut akan masuk ke dalam daftar jajaran kantor representatif Bosch secara global.
Manager, Corporate Communications & Brand Management, Bosch di Indonesia, Shinta Maryke, menuturkan bahwa Jawa Timur merupakan area penting bagi bisnis Bosch.
Posisi Jatim, kata dia, sangat strategis sebagai hub penting yang menghubungkan dengan pasar di kawasan Indonesia Timur.
"Jawa Timur semakin berarti bagi Bosch mengingat milestone perusahaan tak bisa dilepaskan dari ibu kota provinsi ini, Surabaya. Di kota inilah produk Bosch untuk pertama kalinya tersedia di Indonesia lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 1919,” katanya, Jumat (16/12/2022).
Sebelumnya, pada 2019 lalu, Bosch telah meresmikan kantor representatifnya di Surabaya.
Tiga tahun hadir di Surabaya menjadi periode penting bagi Bosch untuk lebih memahami pasar kota ini, termasuk umumnya Jawa Timur.
Bosch, lanjut Shinta, selalu meyakini bahwa perubahan adalah keniscayaan, yakni melalui inovasi dan penerapan teknologi, untuk meningkatkan kualitas hidup pengguna.
Hal itu selaras dengan tagline Bosch, yakni Teknologi untuk Kehidupan.
"Karenanya, Bosch berencana untuk mentransformasikan kantor Surabaya menjadi flagship store dan sentra pengalaman, yang memungkinkan masyarakat Jawa Timur untuk bisa langsung melihat, merasakan dan mencoba beragam produk dan solusi teknologi dari Bosch, serta bertransaksi langsung di tempat,” ungkapnya.
Sebagai bagian dari proses transformasi itulah Bosch menggagas “Bosch Surabaya Design Interior Competition (BSIDC) 2023”, yakni kompetisi desain interior yang menargetkan mahasiswa Jawa Timur.
Business Development Officer, Bosch Indonesia, Nur Kholifah, menambahkan digagasnya Bosch Surabaya Design Interior Competition 2023 ini adalah untuk memacu kreativitas dan keterlibatan mahasiswa, serta mendekatkan brand Bosch kepada masyarakat Jawa Timur.
Dengan transformasi kantor Bosch Surabaya menggunakan desain karya arek Jawa Timur diharapkan akan meningkatkan kepemilikan masyarakat terhadap Bosch.
"Harapan kami, inisiatif ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa Jawa Timur untuk memperluas pengalaman dan memperkuat portofolio mereka sebagai desainer sebelum nanti berkiprah di dunia profesional,” ungkap Nur Kholifah.
Dalam menjalankan BSIDC 2023, Bosch menggandeng Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Jawa Timur, yakni asosiasi para profesional di bidang desain interior, untuk mengorganisir kompetisi, sekaligus terlibat dalam proses seleksi guna menjaga standar desain para partisipan.
Humas dan Publikasi HDII Jatim, Anggra Ayu Rucitra sangat antusias berkolaborasi dengan Bosch untuk mencari talenta-talenta muda Jawa Timur yang akan menjadi desainer interior masa depan.
"Inisiatif BSIDC 2023 yang Bosch gagas ini merupakan platform inspiratif bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dengan merealisasikannya menjadi karya nyata,” ucapnya.
Untuk mengumumkan inisiatif ini, selama 8-14 Desember 2022, Bosch bersama HDII telah mengunjungi delapan universitas unggulan di Jawa Timur, khususnya yang memiliki Jurusan Desain Interior.
Diantaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember, LaSalle College, Universitas Ciputra, Universitas Pembangunan Nasional, dan Universitas Kristen Petra, di Surabaya, serta Universitas Brawijaya.
Kemudian Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, di Malang. Lebih dari 300 mahasiswa terlibat dalam roadshow tersebut. BSIDC 2023 telah resmi dibuka sejak 12 Desember 2022, dengan tahapan puncak pada 17 Maret 2023 mendatang.
Untuk menuju tahapan tersebut, akan ada beberapa tahapan yang harus dilalui partisipan, termasuk fase technical meeting pada 17 Januari dan 17 Februari 2023 nanti. Informasi selengkapnya mengenai BSIDC 2023 dapat diakses melalui bit.ly/BSIDC23_Info.
Perlu diketahui, Bosch telah hadir di Indonesia sejak 1919. Pada Mei 2008, Grup Bosch mendirikan anak usahanya, PT Robert Bosch, di Jakarta dengan lokasi kantor cabang di Surabaya, Medan, Balikpapan, Semarang dan Bali.
Pada 2021, Bosch mencatatkan penjualan sebesar 1,55 triliun rupiah. Di Indonesia, perusahaan mempekerjakan lebih dari 200 karyawan.
Bosch di Indonesia menyediakan berbagai macam produk dan solusi teknologi termasuk komponen, alat diagnostik dan perlengkapan otomotif, solusi hidraulis drive and control, peralatan rumah tangga, power tools, teknologi gedung, industrial boiler, serta solusi terkoneksi.
Editor : Ali Masduki