get app
inews
Aa Read Next : Pertamina Catat Lonjakan Konsumsi BBM Selama Arus Mudik, Pemakaian Pertamax Series Naik hingga 26,3%

Berdayakan Lansia Lewat Program Sahabat Pertamina

Selasa, 14 Desember 2021 | 14:23 WIB
header img
Nurul Jariatin dan Mbah Mujiati meninjau tanaman Tosga di PUSKESMAS Polindes Bunda Desa Rahayu Tuban. (Foto/MPI)

TUBAN, iNews.id - Keberadaan Pertamina EP membawa manfaat bagi masyarakat sekitar lokasi proyek, khususnya di Kabupaten Tuban. 

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Insan Cendekia Husada, mitra dari Pertamina EP, Nurul Jariyatin mengaku sangat merasakan banyak manfaat yang didapatkan semenjak kerjasama dan bermitra dengan Pertamina EP.

"Salah satunya bantuan Mobil Layanan Kesehatan Sahabat Pertamina," ujar Nurul di Puskesmas Soko Polindes Bunda Desa Rahayu, Tuban Senin (13/12/2021).

Mobil ini, kata dia, membantu mengantarkan warga ke fasilitas kesehatan terdekat. Khususnya lansia disaat membutuhkan perawatan kesehatan.

Banyak warga setempat yang tidak punya mobil untuk mengantarkan anggota keluarganya ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Bantuan satu unit mobil tersebut digunakan untuk melayani tiga desa dengan rata rata digunakan untuk melayani lansia antara 3 – 4 kali per harinya," ujarnya.

Sementara itu, warga Desa Rahayu Kecamatan Soko, Tuban Mujiati mengaku dirinya aktif mengikuti berbagai kegiatan dari Pertamina yang diperuntukkan bagi lansia.

Seperti senam lansia yang digelar seminggu 2 kali. Kemudian bertanam sayuran dan obat keluarga (Tosga) Setarbak.

“Saya bertanam mpon mpon (kunyit, jahe dan sejenisnya) selain saya konsumsi juga saya buat untuk minuman. Tanaman sayuran juga dengan memanfaatkan lahan di rumah,” ujar Mujiati.

Manager Pertamina EP Sukowati Field Totok Parafianto, mengatakan, bahwa program Sahabat Pertamina ini sudah berjalan menuju tahun ketiga untuk wilayah Desa Rahayu, Kabupaten Tuban semenjak alih kelola Sukowati Field oleh Pertamina EP.

“Harapan kami dapat bersinergi dengan masyarakat sehingga menciptakan dukungan terhadap operasi, serta memberikan manfaat terhadap warga sekitar lokasi kegiatan operasi, sehingga keberadaan kami memiliki pengaruh yang positif khususnya dalam bidang kesehatan, ” ujar Totok.

Sebagaimana diketahui Pertamina EP melalui program Inovasi Sosial Pertamina Peduli Lansia Bersinergi Produktif dan Bahagia (Pelangi Pagi) sebagai bagian dari Program SAHABAT mulai dari tahun 2020 dikembangkan di Desa Rahayu sebagai kepedulian perusahaan terhadap lansia agar tetap sehat, produktif dan bahagia.

Program ini berawal dari permasalahan yang terdapat dalam Pemetaan Sosial Desa Rahayu tahun 2019 bahwa banyaknya jumlah penduduk lansia di desa yakni sebanyak 476 orang atau sebesar 12,2% dari jumlah penduduk di Desa Rahayu dengan kualitas kesehatan yang tidak terpantau karena fasilitas kesehatan desa tidak maksimal.

Ancaman kesehatan terhadap lansia semakin tinggi dengan hadirnya pandemi covid 19, dimana lansia terutama dengan penyakit bawaan akan semakin rentan menghadapi virus tersebut.

Selain itu, permasalahan lain adalah jarak Desa Rahayu dengan fasilitas kesehatan di Kecamatan Soko sejauh 5 km dan 39 km dengan fasilitas kesehatan di Kabupaten Tuban dimana tidak ada moda transportasi umum antar desa atau antar kecamatan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut