get app
inews
Aa Read Next : Pelindo Youth Community Siapkan Puluhan Generasi Muda menjadi Pemimpin di Masa Depan

Pelindo Marines Ajak Insan Maritim Hijaukan Pesisir Utara Surabaya

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:20 WIB
header img
Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, berkolaborasi bersama perwakilan insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Paguyuban nelayan KUB Bahari Sejahtera melaksanakan penanaman bakau di Romokalisari, Surabaya, Rabu (22/12/2021). (Foto: Pelindo Marines for iNewsSurabaya)

SURABAYA, iNews.id - Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo, mengajak insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, untuk berkolaborasi menghijaukan ekosistem bakau Romokalisari, di pesisir utara Surabaya, Rabu (22/12/2021). 

Ekosistem bakau tersebut berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak dan sedang naik daun, seiring pemkot Surabaya belum lama ini menyiapkan lokasi tersebut untuk menjadi obyek wisata bahari.

Menurut Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, semangat kolaborasi dari para insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak ini coba digalang oleh Pelindo Marines, karena kelestarian ekosistem bakau di Romokalisari akan lebih berkelanjutan dan semakin meluas habitatnya dengan kolaborasi multi stakeholder. 

"Terutama sebagai dukungan pada rencana Pemkot Surabaya menjadikan lokasi ini obyek wisata bahari," katanya usai menyerahkan bibit bakau secara simbolis ke paguyuban nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB), Bahari Sejahtera. 

Semangat kolaborasi di lokasi kian bergairah lantaran dihadiri berbagai komunitas dan perwakilan insan maritim. Diantaranya dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Pelindo Sub-Regional Jawa Timur, Direksi Terminal Teluk Lamong, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya. 

Semangat kolaborasi dalam aksi peduli lingkungan tersebut sejalan dengan rangkaian Peringatan HUT ke-10 Pelindo Marines atau 1 dekade yang pertama dengan mengusung tema 'Dekade Kolaborasi'. 

Lia Indi Agustiana menambahkan, semangat kolaborasi para mariners (sebutan pegawai Pelindo Marines) berangkat dari kolaborasi kebaikan kepada sosial masyarakat dan lingkungan (TJSL/CSR). 

“Semangat kolaborasi dalam membantu sesama dan lingkungan, kemudian menjadi motivasi untuk semangat berkolaborasi sebagai bagian dari integrasi Pelindo yang baru merger. Untuk berkontribusi pada efisiensi biaya logistik di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KUB Bahari Sejahtera, Edi Supratman secara terpisah menyebutkan, bahwa kelompok-kelompok nelayan sangat menyambut baik adanya inisiatif aksi peduli lingkungan seperti yang dilakukan oleh Pelindo Marines tersebut. 

Kata dia, ekosistem bakau yang lebih lestari dapat menambah pendapatan nelayan, karena tidak hanya menjaring ikan. Akan tetapi bisa menangkap kepiting dan udang. 

"Jadi ada manfaat ekonomi lebih. Kami juga berharap dapat turut diberdayakan dalam rencana pengembangan atraksi wisata di pesisir Romokalisari ini. Kolaborasi pemerintah, nelayan, dan dukungan perusahaan akan membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat,” pungkasnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut