get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Produktivitas Tebu Dan Gula Di Jatim, Disbun Jatim Gelar Bimtek Bongkar Ratoon

Mall Malang Plaza Terbakar, 9 Jam Petugas Damkar Berjibaku Jinakkan Api 

Selasa, 02 Mei 2023 | 10:20 WIB
header img
Proses pendinginan kebakaran di Mall Malang Plaza masih berlangsung hingga Selasa (2/5/2023) menjelang siang. Foto: Ist

MALANG, iNewsSurabaya.id - Proses pendinginan kebakaran di Mall Malang Plaza masih berlangsung hingga Selasa (2/5/2023) menjelang siang. Total sudah 9 jam petugas pemadam kebakaran (Damkar) dibantu mobil tangki dari PDAM bersiaga.

Pantauan di lokasi hingga pukul 10.00 WIB, petugas masih berjibaku melakukan pendinginan di lokasi kejadian. Sebab informasi yang didapat di bagian belakang mal belum sepenuhnya titik api api padam.

Kapolsek Klojen Kompol Syabain Rahmad menuturkan, ada sekitar 15 unit mobil yang dikerahkan. Jumlah ini bertambah dari Selasa dini hari tadi, sebab ada suplai tambahan mobil tangki air dari PDAM Kota Malang.

"Saat ini pendinginan damkar oleh damkar 10 unit Damkar, ditambah 3 dari perusahaan, dan 2 dari PDAM," ucap Kompol Syabain, di Mal Malang Plasa pada Selasa pagi.

Syabain menambahkan, api memang telah dilaporkan padam. Namun saat ini petugas Damkar dibantu suplai air dari unit mobil tangki PDAM dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berupaya melakukan pembasahan.

"Pengawasan kami sudah padam, tapi ini pendinginan agar tidak menimbulkan bahaya untuk tim yang melakukan penyelidikan baik dari Polresta Malang Kota maupun Polda Jatim," tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan seberapa parah kerusakan akibat kebakaran yang terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.30 WIB ini. Hal ini karena petugas masih akan menunggu penyelidikan dari tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur.

"Belum bisa memastikan karena perlu penyelidikan lebih lanjut, terpenting kita laksanakan upaya-upaya pencegahan terjadinya bahaya pasca kebakaran," tukasnya.

Sebagai informasi, Mal Malang Plaza dikabarkan terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Malang Plaza sendiri merupakan sentra penjualan smartphone dan beberapa peralatan elektronik. Di lantai dua mal terdapat ritel pakaian dan bioskop 21 Cinema, sedangkan di lantai tiga terdapat beberapa kios pedagang handphone.

Total ada 63 stan yang disebut polisi terbakar, terdiri dari 24 stan di lantai dasar, 3 stan di lantai dua, dan 36 stan di lantai tiga mal. Belum diketahui pasti berapa kerugian dari kebakaran ini mengingat saat ini petugas gabungan fokus melakukan pembasahan dan pemadaman api.

 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut