get app
inews
Aa Read Next : Atasi Kelangkaan Minyak Goreng, Ini Rekomendasi Pakar Ekonomi Unair

Golongan Darah Emas Hanya Dimiliki 43 Orang di Dunia ​​​​​​​

Rabu, 05 Januari 2022 | 22:17 WIB
header img
43 orang di dunia yang memiliki golongan darah unik Golden Blood, orang itupun bukan orang biasa.

SURABAYA, iNews.idGolongan darah emas atau golden blood benar-benar langka di dunia. Tercatat, hanya 43 orang di dunia yang memiliki golongan darah unik, orang itupun bukan orang biasa.

Golden Blood merupakan golongan darah langka, karena kelangkaannya tersebut, banyak orang yang menyebut golongan darah ini dengan nama 'Darah Sultan'.

Jadi, jika Anda mengira darah biru adalah kelas paling tinggi, kini Anda harus merevisinya. Sebab, tidak ada yang lebih spesial daripada Golden Blood.

Golden Blood dalam dunia medis disebut dengan nama 'Rh-null'. Golongan darah ini tidak mengandung antigen Rh (protein) pada sel darah merah (RBC).

Pertama kali Golden Blood teridentifikasi pada orang Aborigin, Australia. Saking langkanya, para ahli kesehatan khawatir orang dengan Golden Blood sulit menerima sumbangan darah Rh-null.

"Di seluruh dunia, hanya ada 9 pendonor aktif untuk golongan darah ini," terang laporan medis Medicine Net, dikutip MNC Portal, Rabu (5/1/2022).

Bagaimana seseorang memiliki golongan darah emas?

Beberapa ahli percaya bahwa golden blood tercipta karena hasil mutasi genetik yang biasanya terlihat pada gen RHAG yang bertugas mengkode glikoprotein terkait Rh. Protein ini diperuntukan untuk mengarahkan antigen Rh ke membran sel darah merah.

Mutasi RHAG sering dikaitkan dengan penyakit yang disebut stomatositosis herediter. Pada kebanyakan kasus, pemilik Golden Blood itu rentan mengalami anemia hemolitik jangka panjang pada level ringan dan berisiko alami kerusakan sel darah merah.

Menurut beberapa literatur, ada faktor risiko seseorang memiliki Golden Blood, seperti:

- Perkawinan sedarah.

- Gen autosomal atau gen abnormal yang memiliki sifat penyakit, diturunkan keluarga.

- Perubahan atau penghapusan gen tertentu, yaitu RHD dan RHCE atau RHAG

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut