get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Kereen, Remaja Surabaya Ini Jago Perbaiki Wayang

Senin, 10 Januari 2022 | 10:16 WIB
header img
Perajin wayang Ahmad Maiyo Satria Tama (16), menyelesaikan pembuatan dan perbaikan wayang di rumahnya, Jl. Rungkut Menanggal Gang II-A Nomor 16-A Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Perajin wayang Ahmad Maiyo Satria Tama (17), menyelesaikan pembuatan dan perbaikan wayang di rumahnya, Jl. Rungkut Menanggal Gang II-A Nomor 16-A Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/3/2021). 

Perajin wayang termuda di Surabaya ini jago membuat dan memperbaiki berbagai jenis wayang baik berbahan kertas atau kulit, mulai ukuran kecil hingga besar.

Bahkan, remaja yang memiliki cita-cita menjadi Dalang ini sudah hafal 150 karakter wayang beserta motit- motifnya. Pengerjaan wayang ia lakukan disela kesibukan sekolah daring. Ruang berukuran 3 x 4 meter miliknya menjadi kamar sekaligus bengkel tempat Maiyo berkarya.

Maiyo mengaku, wayang-wayang karyanya banyak dipasarkan melalui pasar online dengan harga sesuai kesepakatan antara calon pembeli dan dirinya. 

Sedangkan untuk perbaikan wayang, ia mematok dengan harga yang cukup murah dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis kerusakan.

Melalui sosial media, Maiyo dikenal banyak pegiat wayang. Sejumlah Dalang dari Solo, Surabaya, Tulungagung dan Pacitan menjadi pelanggannya. 

Maiyo berharap, generasi muda tidak meninggalkan seni tradisi luhur warisan nenek moyang yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut