SURABAYA, iNewsSurabaya.id – PT Kedawung Setia Industrial Tbk selama tahun 2022 membukukan penjualan sebesar Rp2,35 triliun. Capaian tersebut naik 5% dibanding tahun 2021 yang sebesar Rp2,24 triliun.
Tahun ini, emiten berkode saham KDSI itu menargetkan penjualan tumbuh 5%.
Direktur PT Kedawung Setia Industrial Tbk, Andi Subroto mengatakan, tahun ini ada banyak tantangan. Baik secara ekonomi maupun politik.
Secara ekonomi, masih dibayangi dengan inflasi yang cukup tinggi. Bahkan di Amerika Serikat, inflasi sudah mencapai double digit.
“Kemudian tahun ini juga masuk tahun politik karena menjelang Pemilu,” katanya usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun an 2022 di Kantor PT Kedawung Setia Industrial Tbk, di Jalan Mastrip, Surabaya, Jumat (30/6/2023).
Guna mencapai target penjualan sebesar 5%, kata dia, pihaknya akan memperkuat penetrasi pasar.
Sejauh ini, produk dari KDSI yang paling banyak terserap ke pasar adalah karton boks. Bahkan, karton boks berkontribusi sebesar 90% dari total penjualan.
Sisanya dari produk alat dapur serta peralatan rumah tangga.
“Sekitar 95% pangsa pasar kami adalah domestik. Tapi untuk produk peralatan rumah tangga, sebagian kami ekspor,” imbuh Andi.
Sementara itu, di 2022, KDSI mencatatkan laba bersih sebesar Rp76,1 miliar. Angka itu naik 10% dibanding tahun 2021.
Seiring dengan peningkatan kinerja tersebut, perseroan memutuskan untuk membagikan cash dividen di tahun 2022 sebesar Rp30,3 miliar atau setara 39,9 % dari laba bersih tahun 2022.
“Sisa laba akan dipergunakan untuk memperkuat likuiditas internal,” tandas Andi.
Editor : Ali Masduki