get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Malang Ambil Langkah Konkret untuk Pemenuhan Hak Anak, Ini yang Dilakukan

Gubernur Khofifah Sebut 38 Kabupaten dan Kota di Jatim Sudah Berpredikat KLA

Minggu, 23 Juli 2023 | 09:18 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dinilai berhasil mendorong semua kabupaten/kota di Jatim atau 100% telah masuk dalam pemeringkatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Provinsi Jawa Timur (Jatim) berhasil mempertahankan predikat sebagai Provinsi Layak Anak (Provila) tahun 2023. 

Predikat Provila dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu diberikan lantaran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dinilai berhasil mendorong semua kabupaten/kota di Jatim atau 100% telah masuk dalam pemeringkatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). 

“Alhamdulillah, 38 kabupaten/kota di Jatim seluruhnya telah masuk dalam pemeringkatan KLA. Bahkan sebagian daerah berhasil meningkatkan peringkat KLA. Ini merupakan prestasi yang tidak mudah, karena banyak sekali indikator yang harus dipenuhi untuk mendapat predikat layak anak," kata Khofifah, Minggu (23/7/2023).

Khofifah menambahkan, capaian ini dapat diraih lantaran kolaborasi dan koordinasi yang terus dilakukan lewat rembug nyekrup dengan stakeholder lintas sektor. Utamanya dalam hal pemenuhan dan perlindungan hak anak sehingga 38 kabupaten/kota berhasil meningkatkan peringkat KLA. 

"Semua tidak bisa berjalan sendiri, prestasi ini adalah hasil kerjasama dan koordinasi serta kolaborasi  lintas sektor," kata Gubernur yang biasa dipanggil Bunda Khofifah oleh anak anak.
 
Untuk itu, Khofifah mengajak seluruh kepala daerah di Jatim untuk melibatkan kebijakan anak dalam pembangunan daerah. 

Bahkan, ia menegaskan setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) selalu melibatkan forum anak untuk menyuarakan hak anak sebelum menjadi kebijakan. 
 
"Kami di tingkat Provinsi mendorong kepada kab/kota melibatkan forum anak untuk ikut menyuarakan hak hak anak. Dengan harapan predikat kabupaten/kota layak anak yang telah berhasil diraih ini benar-benar terimplementasi dengan baik di lapangan," tegasnya.

Secara rinci, pada tahun 2023 ini peraih KLA di Jatim meliputi 3 kota dan 1 Kabupaten menduduki peringkat utama, 16 kabupaten/kota menduduki peringkat nindya, 18 kabupaten/kota menduduki peringkat madya.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang mana pada saat itu peringkat utama sebanyak 2 Kota, 12 Kab/Kota peringkat Nindya, 17 peringkat Madya dan 7 Kabupaten peringkat Pratama.

Untuk Peringkat Utama diraih Kota Surabaya, Kota Probolinggo, Kota Madiun dan Tulungagung. 

Sementara, peringkat Nindya diraih Kota Batu, Trenggalek, Situbondo, Gresik, Jember, Kota Malang, Jombang, Blitar, Sidoarjo, Lamongan dan yang baru adalah Banyuwangi, Madiun, Tuban, Kota Pasuruan, Kota Blitar dan Kota Mojokerto.

Sedangkan, Peringkat Madya diraih Kota Kediri, Sumenep, Mojokerto, Bojonegoro, Pamekasan, Magetan,  Lumajang,  Malang, Bondowoso, dan Ponorogo. Sedangkan yang baru adalah Nganjuk, Bangkalan, Probolinggo, Sampang, Kediri, Ngawi, dan Pacitan.

Sebagaimana diketahui, indikator yang harus dipenuhi dalam KLA terdapat lima klaster utama. Antara lain hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan anak, kesehatan dasar dan kesejahteraan anak, pendidikan serta pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya juga perlindungan khusus, dengan didukung penguatan kelembagaan. 

"Selamat Hari Anak Nasional, 23 Juli 2023. Mari lindungi dan bahagiakan anak Indonesia," tutupnya

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut