get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Kasus Video Konten Berjudul Guru Tugas Ditahan Polda Jatim, Ada Cerita Asusila Pesantren

Polda Jatim Mulai Gelar Operasi Zebra Semeru 

Senin, 04 September 2023 | 13:12 WIB
header img
Operasi Zebra Semeru ini digelar untuk penegakan hukum dan membangun keteraturan dan ketertiban masyarakat di jalan. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Polda Jawa Timur (Jatim) mulai Senin (04/9/2023) hingga Minggu (17/9/2023) menggelar Operasi Zebra Semeru. Operasi ini digelar untuk penegakan hukum dan membangun keteraturan dan ketertiban masyarakat di jalan.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol M Taslim mengatakan, operasi ini dalam rangka menjamin rasa aman dan kenyamanan masyarakat ketika berlalu lintas di jalan. 

"Kita sama-sama dengar pada saat arahan dari bapak Kapolda, bahwa kecelakaan mengalami peningkatan yang sangat tajam sampai dengan 70 persen, jika dibandingkan antara tahun 2002 dengan 2023,” katanya usai apel pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 di Lapangan Mapolda Jatim, Senin (4/9/2023). 

Taslim mengatakan, untuk pelanggaran sendiri juga meningkat, meningkatnya cukup signifikan, di atas 1.000 persen. Ini untuk menunjukkan bahwa penindakan terus dilakukan. Hanya saja pemaklumannya dari mobilisasi masyarakat atau dinamisnya masyarakat. 

"Kita melakukan pendeteksian selain edukasi, tetapi penindakan itu diutamakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara elektronik," terangnya.

Pada Operasi Zebra ini nanti, lanjut Taslim, pihaknya akan bekerja bersama-sama dengan Jasa Raharja, termasuk Bapenda, akan menyiapkan semacam Gift. 

“Jadi yang melanggar kita tilang, yang tertib akan kita berikan apresiasi, meskipun hanya sebuah Gift begitu, akan tetapi itu bentuk penghargaan kita terhadap masyarakat yang sudah mau tertib di jalan," katanya.

Taslim juga mengimbau masyarakat cerdas, ketika dijalan dihentikan oleh petugas, berhenti saja. Ketika tidak bersalah tanyakan apa kesalahannya, pasal apa yang akan dikenakan, ketika nanti anggotanya macam-macam, tolong dilaporkan. 

“Saya meminta masyarakat untuk kooperatif, bekerja sama dengan baik. Ketika ada penyimpangan oleh anggota, tolong sampaikan kepada saya, saya pastikan akan saya tindak tegas,” pungkasnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut