get app
inews
Aa Read Next : Anies Soroti Anggaran Pertahanan Rp700 Triliun untuk Beli Alutsista Bekas, Prabowo Sewot

Capres-Cawapres Ini Ziarah ke Makam Sunan Ampel, Untuk Apa?

Minggu, 10 September 2023 | 10:43 WIB
header img
Anies-Cak Imin terlihat duduk di depan makam makam bersama sejumlah kiai. Foto/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pasangan bacapres-bacawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berziarah ke Makam Sunan Ampel, Surabaya pada Sabtu (09/9/2023). Keduanya datang bersama usai mengisi Halaqoh Pemikiran Politik di Hotel Arcadia, Surabaya.

Anies-Cak Imin terlihat duduk di depan makam makam bersama sejumlah kiai. Mereka tampak berdoa secara khusyuk. Lantunan doa pun terdengar ditengah ziarah Anies-Cak Imin. Cak Imin mengatakan Ziarah bersama ini merupakan kali pertama dilakukan keduannya. 

"Iya yang pertama ziarah bersama Mas Anies di Sunan Ampel," kata Cak Imin kepada wartawan di Surabaya.

Pemilihan berziarah ke makam Sunan Ampel bersama Anies pun bukan tanpa alasan. Wakil ketua DPR RI itu mengatakan Sunan Ampel merupakan wali tertua yang memiliki anak para pejuang Islam di Indonesia. 

"Beliau memberikan banyak warisan ilmu pengetahuan dan strategi membangun masyarakat, bahkan telah berhasil merajut hubungan antara ulama dan pemerintah. Sehingga terjadi kehidupan keagamaan yang solid beserta seluruh program-program pemerintahan," jelasnya.

"Ini terakhir ini dengan Mas Anies di Sunan Ampel, wali tertua yang memiliki anak para pejuang Islam di Indonesia. Kalau mau ziarah Wali Songo itu mulai dari ampel atau diakhiri di ampel," imbuh Ketua Umum PKB tersebut. 

Cak Imin berharap berkah dari Sunan Ampel bisa membawa Indonesia lebih maju ke depannya. "Mudah-mudahan berkah Sunan Ampel membawa kemajuan bangsa Indonesia. Dan tentu dari Jawa Timur kita menata Indonesia jauh lebih baik," tegasnya.

Tour de Wali Songo sendiri dilaksanakan mulai 8-11 September 2023. Cak Imin dan rombongan PKB berkeliling ziarah ke makam para wali yang berada di Cirebon hingga Surabaya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut