get app
inews
Aa Read Next : Pria Paruh Baya Hilang Misterius di Sungai Brantas Jombatan, Tinggalkan Bukti Sepeda dan Baju Korban

Komunitas Bruin Ajak Mahasiswa Bersih-bersih Sampah di Sungai Dor Megaluh Jombang

Rabu, 13 September 2023 | 13:58 WIB
header img
Aksi bersih-bersih sampah di Sungai Dor yang merupakan bagian penting dari Sungai Brantas di Megaluh, Jombang. Foto/Komunitas Bruin

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Komunitas Bruin mengajak puluhan mahasiswa dan warga setempat untuk bergerak memerangi masalah sampah di Sungai Dor yang merupakan bagian penting dari Sungai Brantas di Megaluh, Jombang. 

Dalam aksinya komunitas Bruin mengadakan clean up trash boom dan brand audit untuk mengidentifikasi industri mana yang menyumbang sampah terbanyak ke sungai. 

Komunitas Bruin pada tahun 2021 menggandeng warga Desa Turipinggir, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, untuk membuat trash boom di hilir sungai kali brantas di Jombang. Trash boom atau pencegat sampah ini dibersihkan dalam waktu kurun tiga sampai seminggu sekali. 

Sampah yang didapat kemudian dikumpulkan dan diklasifikasikan sesuai jenis untuk kemudian di identifikasi apakah sampah tersebut termasuk ke dalam kategori organik, anorganik, atau residu. 

Temuan karakteristik ragam jenis sampah yang terjaring dominan berasal dari limbah rumah tangga seperti bekas detergen, bungkus sachet, popok, dan obat – obatan. 

“Di daerah sini warga sekitar tidak diberikan akses untuk sampah, jadi mereka membuang sampahnya langsung ke sungai,” kata Priyo nelayan lokal Brantas, Rabu (13/9/2023).

24 relawan aksi bersih kali ini melibatkan Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Trunojoyo, dan Universitas Tujuh Belas Agustus bersama dengan nelayan lokal di Sungai Brantas. Mereka Bersama sama melakukan pembersihan, mendata dan mengidentifikasi sampah yang terkumpul. 

Hasil brand audit mengungkapkan bahwa sampah non brand mendominasi sebagian besar sampah yang terkumpul, diantaranya 25.89% plastik sekali pakai (PSP), 12.94% Styrofoam, dan 38.82% sampah kain bekas.

Disamping itu untuk sampah dengan merek tertentu juga teridentifikasi yaitu 27.77% dari Unicharm (produk popok), 20.86% Forisa Nusa Persada (Bungkus sachet) 10.79% dari Wings (Bungkus detergen), 2.52% Unilever (kosmetik dan body care). 

Aksi clean up dan brand audit ini dilaksanakan pada sore hari di hilir sungai brantas yaitu Sungai Dor. 

Direktur Bruin, Aziz berharap kegiatan ini dapat mengedukasi sekaligus memberi inspirasi bagi masyarakat lokal untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama Sungai Brantas. 

"Dan berikutnya kami ingin mengimplementasikan trash boom di wilayah lain, untuk mencegah sampah masuk ke wilayah Brantas,” terangnya.

Komunitas Bruin juga berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat untuk menjaga kebersihan dan Kesehatan lingkungan, serta akan terus berkolaborasi dengan semua pihak yang memiliki visi misi untuk lingkungan yang lebih baik. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut