get app
inews
Aa Read Next : Orami Menghidupkan Semangat Kartini, Pemberdayaan Ibu di Era Modern

SMK IPIEMS Kirim Ratusan Siswa ke 70 Iduka untuk Praktik Kerja Lapangan

Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:25 WIB
header img
SMK IPIEMS mengadakan pembekalan Praktik Kerja Lapangan yang diselenggarakan di Universitas Narotama. Foto/SMK IPIEMS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - SMK IPIEMS bakal mengirim 247 peserta didiknya ke 70 lebih Industri Dunia Usaha Dunia Kerja (IDUKA) untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Ketua Pelaksana Praktik Kerja Lapangan, Kunuzil Jannah mengatakan PKL tersebut untuk membantu peserta didiknya dalam mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. Seperti halnya mengetahui realita yang ada di lapangan kerja baik industri maupun usaha. Agar kelak siswa tidak lagi kaget dengan dunia kerja dan cepat beradaptasi.

"Tahun ini kami memberangkatkan 247 siswa dengan lebih dari 70 lebih Iduka,” katanya usai acara pembekalan PKL di Universitas Narotama. Pembekalan ini guna mempersiapkan peserta didik yang akan melakukan PKL.

Kunuzil Jannah menjelaskan, pembekalan PKL merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap satu tahun sekali guna memperkenalkan gambaran kerja kepada peserta didik yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. 

“Kegiatan ini rutin diadakan setiap satu tahun sekali untuk membekali peserta didik supaya siap melaksanakan Praktik Kerja Lapangan," ujarnya.

Pembekalan PKL tahun ini sangat istimewa, karena antusiasme peserta didik dalam menerima materi yang akan disampaikan. 

“Kami berkolaborasi dengan HRD Gunawangsa Group dan HRGA CV Anugrah Pratama untuk memberikan materi dan motivasi kepada siswa.” kata Kunuzil.  

Pembekalan PKL kali ini berlangsung selama 2 hari, di hari Selasa dan Rabu, dimana peserta didik Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) dan multimedia melakukan pembekalan pada hari selasa sedangkan perkantoran dan Desain Komunikasi Visual (DKV) pada hari Rabu. 

Pembicara pada pembekalan PKL kali ini ada Erwin Erianto Selaku HRD (Human Resource Development) dari Gunawangsa Grup yang membawakan materi seputar Etika, Etos, dan Budaya kerja. Menurutnya ada 8 komponen penting etos kerja untuk pengembangan karir. 

“Ada 8 komponen etos kerja yang penting bagi pengembangan karir seperti disiplin, berintegritas, profesionalisme, dapat diandalkan, dedikasi, bekerja sama, bertanggung jawab dan memiliki keinginan untuk maju,” ucap Erwin.  

Kemudian Yogi Rahmantyo selaku HRGA (Human Resource dan General Affairs) Manager CV. Anugerah Pratama yang membawakan materi Sukses Mulia dan Energi Positif. Ia cukup merasa puas karena antusiasme peserta didik dalam menerima materi yang ia sampaikan. 

“Epos atau energi positif itu sangat berguna untuk kita di masa mendatang, apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai. Bisa-bisa malah dapat lebih dari itu," tutupnya.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut