get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Peredaran Uang Selama Nataru di Jawa Timur Tinggi, Nilainya Capai Rp11,33 Triliun

Rabu, 13 Desember 2023 | 12:02 WIB
header img
Selama Nataru kebutuhan keuangan di Jawa Timur Tinggi mencapai Rp11,33 Triliun. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) Jawa Timur (Jatim) memproyeksikan kebutuhan uang di momen Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024 mencapai Rp11,30 triliun. Jumlah tersebut menurun dibanding realisasi outflow tahun lalu yang mencapai Rp11,33 triliun.

Kepala KPBI Jatim, Doddy Zulverdi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk pemenuhan kebutuhan perbankan dan masyarakat pada momen Nataru. Antara lain, dilakukan dengan pengiriman uang secara front loading kepada Satker kas di Jatim diantaranya, KPBI Malang, Kediri, dan Jember. 

"Dalam hal ini kami mendorong perbankan memberikan layanan penarikan/penukaran uang kepada masyarakat, serta memastikan mesin ATM/CRM terisi dan beroperasi dengan baik," katanya, Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, kata dia, penggunaan pemanfaatan transaksi melalui QRIS di Jatim terus alami trend kenaikan dengan ditandai naiknya jumlah merchant. Jumlah merchant QRIS di Jatim selama Oktober 2023 sebanyak 3,35 juta merchant atau naik 41,35% (yoy) dibanding Oktober 2022.  Merchant QRIS tersebar didominasi oleh merchant UMKM. "Volume transaksi QRIS di Jatim di Oktober 2023 sebesar Rp2,82 triliun  dengan 25,38 juta transaksi," terangnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut