get app
inews
Aa Read Next : Pernah Diberhentikan, Presiden Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan

Kemenkeu Jawab Tudingan Prabowo Subianto Soal Anggaran Ditolak Sri Mulyani

Selasa, 09 Januari 2024 | 11:58 WIB
header img
Debat ketiga Pilpres 2024 sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (07/1/2023) malam. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kementrian keuangan (Kemenkeu) menjawab tudingan Prabowo Subianto saat Debat Capres ketiga. Prabowo mengungkapkan bahwa banyak usulan anggaran Kementerian Pertahanan yang tidak disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menanggapi hal ini, Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo menjelaskan pada poin pertama adalah pada masa pandemi covid-19, dibutuhkan respons kebijakan yang baik dan penanganan dengan segenap daya upaya, untuk dapat mengatasi dampak kesehatan, sosial, dan ekonomi.

"Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dan didukung DPR adalah APBN diprioritaskan pada penanganan dampak pandemi covid-19, antara lain melalui kebijakan refocusing anggaran," tulis Prastowo dalam laman resmi X, seperti dikutip dari Okezone, pada Senin (8/1/2024).

Selanjutnya untuk poin kedua, melalui keputusan Sidang Kabinet dan ditindaklanjuti dengan berbagai koordinasi, refocusing anggaran yang dilakukan pada masa pandemi covid berlaku untuk semua Kementerian dan Lembaga (K/L) melalui penyusunan prioritas ulang belanja oleh K/L, demi menangani dampak pandemi covid-19

Poin ketiga, Refocusing kegiatan dan anggaran ditetapkan dan diputuskan oleh masing2 KL terhadap kegiatan yang dianggap dapat ditunda. KL sendiri yang memahami kegiatan yang paling urgent dan prioritas dan kegiatan/program yang dapat ditunda karena Pandemi.

Seperti diketahui, debat ketiga Pilpres 2024 sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu (07/1/2023) malam. Debat ini merupakan debat ketiga dari total lima debat dalam rangkaian Pilpres 2024.

Debat ketiga tersebut mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut