get app
inews
Aa Read Next : Tambang Emas Tujuh Bukit Banyuwangi

Merdeka Copper Gold Temukan Sumber Daya Terindikasi 755 Juta Ton

Jum'at, 29 Maret 2024 | 00:01 WIB
header img
Aktifitas pertambangan di Tambang Emas Tujuh Bukit di area hutan produksi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (29/2/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Proyek Tembaga Tujuh Bukit milik PT Merdeka Copper Gold Tbk (IDX:MDKA) di Banyuwangi, Jawa Timur, mencatatkan kenaikan signifikan sumber daya terindikasi (indicated resources) sebesar 755 juta ton, berdasarkan laporan Mineral Resource Estimate (MRE) atau meningkat 313 juta ton dari sebelumnya 442 juta ton.

Kenaikan signifikan sumber Proyek Tembaga Tujuh Bukit yang dikembangkan Grup Merdeka, menjadi bukti komitmen kuat transformasi unit bisnis dari proyek dan operasi yang sedang berjalan saat ini, menuju proyek-proyek dan operasi tambang prestisius kelas dunia dengan umur tambang yang panjang. 

Selain temuan sumber daya, Merdeka Copper Gold juga tengah melakukan proses eksplorasi yang cukup masif di sekitar operasi yang berizin, untuk terus menemukan potensi-potensi sumber daya mineral lainnya dengan cara yang efektif dan efisien.

General Manager Merdeka Copper Gold, Tom Malik, mengatakan saat ini Merdeka fokus mengoptimalkan kinerja dan memulai menyusun bankable feasibility study yang dapat lebih diandalkan. 

Optimalisasi tersebut mencakup pengembangan metalurgis untuk meningkatkan perolehan logam yang dapat diekstrak dari bijih dan meningkatan kualitas bijih yang ditambang. 

"Tentunya, di dalam implementasinya, Merdeka berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya-upaya keberlanjutan, mengambil langkah-langkah inovatif, dan menjaga standar tinggi dalam praktik-praktik ESG," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Proyek Tembaga Tujuh Bukit merupakan salah satu proyek tembaga terbesar di dunia yang masih dalam fase praproduksi. Merdeka memiliki 100 persen saham dalam proyek ini, yang terletak di bawah Tambang Emas Tujuh Bukit.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut