get app
inews
Aa Read Next : Khofifah Sebut IKA Unair Mendukung Penuh Upaya Percepatan Indonesia Emas Sebelum Tahun 2045

Bakal Disandingkan Khofifah pada Pilgub Jatim 2024, Cak Fauzi Malah Bilang Begini!

Kamis, 25 April 2024 | 11:15 WIB
header img
Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Achmad Fauzi Wongsojudo (kiri). Foto: iNewsSurabaya.id/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Wacana duet Khofifah Indar Parawansa-Achmad Fauzi Wongsojudo di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024 mulai mengemuka.

Hal ini menyusul rencana digelarnya pertemuan antara ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Said Abdullah, Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad dan Ketua DPD Golkar Jatim, M. Sarmuji. Pertemuan tersebut disinyalir untuk membahas peta politik Jatim menyambut Pilkada 2024.

Ketika ditanya kabar itu, Achmad Fauzi Wongsojudo mengaku belum mendengar desas-desus wacana tersebut. Apalagi soal rencana pertemuan tiga pimpinan partai PDIP, Gerindra dan Golkar. 

"Itu isu dari mana sumbernya?, stop dulu ya urusan Pilgub," kata Cak Fauzi sambil keheran usai menghadiri acara kepemudaan di Surabaya, Rabu (24/4/2024) malam.

Pria yang akrab disapa Cak Fauzi itu enggan menjawab spekulasi politik yang berkembang di Jatim tersebut. “Mungkin teman-teman bisa tanya ke yang mau maju saja, jangan ke saya. Kok saya terus di tanyain," canda bupati di ujung pulau Madura itu.

Sekedar diketahui, hasil analisis direktur ARCI Baihaki Siratj menyebutkan bahwa duet Khofifah- Fauzi memang cukup realistis dalam memimpin Jatim. Fauzi dinilai sebagai sosok teknokrat yang bisa membantu Khofifah untuk memajukan Jatim.

"Saya kira keduanya kalau bersanding menjadi pasangan yang saling melengkapi dalam memajukan Jatim," kata Baihaki Siratj ketika dikonfirmasi beberap waktu yang lalu.

Baihaki mengatakan, Fauzi memiliki modal sosial cukup kuat, yakni dukungan masyarakat Madura dan pesisir utara Jatim. 

Selain itu, Baehaki menilai Fauzi punya kinerja cemerlang karena berhasil menaikkan pertumbuhan ekonomi di Sumenep.

"Saya kira modal yang dimiliki cukup melengkapi. Kalau duet Khofifah-Fauzi memimpin, Jatim akan semakin bergerak kencang," tambahnya.

Seperti diketahui, hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menyatakan Achmad Fauzi Wongsojudo yang memiliki elektabilitas 8,1 persen. Fauzi ini lahir dan besar di Sumenep, Madura, pada 21 Mei 1979.

Selain sebagai Cagub, Fauzi juga berpotensi maju sebagai Cawagub Jatim pada gelaran Pilgub Jatim 2024. Data dari lembaga survei ARCI, pada survei terbaru pada maret 2024, elektabilitas Achmad Fauzi mencapai 19,2 persen.

Sementara itu,  berdasarkan hasil survei Top of Mind bakal cagub  Jatim 2024 yang digelar ARCI, nama Khofifah Indar Parawansa elektabilitasnya mencapai 41,5 persen.

Khofifah menjadi nama terkuat, khususnya dari segi top of mind masyarakat, elektabilitas, popularitas maupun kesukaan warga Jatim.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut