get app
inews
Aa Read Next : Gunung Ruang Erupsi, Penerbangan dari dan ke Manado Dibatalkan

Erupsi Gunung Ruang, Pelindo Marine Turun Tangan Bantu Pemulihan Pengungsi

Kamis, 27 Juni 2024 | 18:59 WIB
header img
Bantuan diterima oleh perwakilan pengungsi yang mayoritas merupakan keluarga-keluarga yang tempat tinggalnya terdampak erupsi. Foto/Pelindo Marine

BITUNG, iNewsSurabaya.id - PT Pelindo Marine Service (Pelindo Marine) membantu pemulihan pengungsi bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), yang ditampung di Rusunawa Sagerat, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (27/6/2024). 

Anak usaha BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Dinas Sosial Pemerintah Kota Bitung mendistribusikan bantuan berupa berbagai bahan-bahan makanan pokok, sayuran, ikan kaleng, hingga tabung gas LPG. 

Bantuan diterima oleh perwakilan pengungsi yang mayoritas merupakan keluarga-keluarga yang tempat tinggalnya terdampak erupsi sehingga tidak bisa ditinggali lagi.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Pemerintah Kota Bitung, Sammy Lombogia, mengungkapkan bahwa saat ini ada sekitar 320 orang pengungsi yang ada di Rusunawa Sagerat. 

“Para pengungsi ini sedang menunggu Rumah yang sementara disiapkan oleh Pemerintah di Bolaang Mongondow Selatan. Karena tempat tinggal mereka yang tertimpa erupsi Gunung Ruang sudah tidak bisa ditinggali lagi. Maka bantuan bahan pokok dari Pelindo Marine ini sangat membantu untuk menambah kualitas nutrisi pangan para pengungsi yang sudah berhari-hari di sini. Pemerintah Bitung sangat mengapresiasi perhatian dari keluarga besar BUMN (Badan Usaha Milik Negara),” katanya.

Direktur Utama Pelindo Marine, Warsilan, pada kesempatan terpisah dari Surabaya, menyampaikan bahwa Pelindo Marine yang juga melayani operasional kapal tunda dan kapal pandu di perairan Pelabuhan Bitung, merasa terpanggil untuk membantu masyarakat yang kesulitan karena terdampak bencana alam

"Kami sangat prihatin dengan kondisi yang dialami oleh saudara-saudara kita akibat erupsi Gunung Ruang. Kami berharap bantuan ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari para korban dan memberikan mereka semangat untuk bangkit kembali," jelas Warsilan. 

Warsilan mengungkapkan, bahwa penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan tersebut merupakan inisiatif dari pegawai dan pelaut Pelindo Marine yang bertugas di wilayah operasi Pelabuhan Bitung. Hal tersebut merupakan wujud Employee Social Responsibility (ESR). Mereka kemudian berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk memastikan daftar kebutuhan pengungsi

“Kami memahami bahwa pemulihan pasca-bencana memerlukan kolaborasi erat berbagai pihak. Bukan hanya pemerintah, namun juga masyarakat, BUMN, dan swasta. Dengan kerja sama berbagai pihak, diharapkan proses pemulihan dan relokasi ini dapat berjalan lebih cepat dan efisien, sehingga kehidupan para pengungsi di huniannya yang baru dapat melanjutkan kehidupan yang aman bersama keluarga, mendapatkan penghidupan yang layak dan stabil,” ungkap Warsilan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut