get app
inews
Aa Read Next : Weekfest 2023, Antusiasme Penonton Buat FEB Universitas Negeri Surabaya Bergemuruh

PKM FIP Unesa Tularkan Pembelajaran dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah

Jum'at, 05 Juli 2024 | 11:18 WIB
header img
Pelatihan yang diikuti oleh 26 sekolah dan dilaksanakan di SMK 1 YKP Magetan ini berjalan sukses. Foto/Tim PKM

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Tim PKM Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, menggelar pelatihan Kepemimpinan Pembelajaran bagi kepala sekolah SMK Kabupaten Magetan dan Ponorogo, Jawa Timur.

Pelatihan yang diikuti oleh 26 sekolah dan dilaksanakan di SMK 1 YKP Magetan ini berjalan sukses. Antusiasme peserta juga sangat luar biasa.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya mengenai materi yang telah disampaikan. 

Pun terdapat tidak sedikit juga kepala sekolah yang bertanya dan berbagi pengalaman yang dialami mengenai tantangan dan permasalahan yang mereka hadapi sebagai kepala sekolah di sekolah mereka masing-masing. 

Selain itu, mereka juga meminta sejumlah tips untuk meningkatkan kualitas dan mutu sekolah mereka kepada pemateri. 

Program kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan pemahaman dan keterampilan kepala sekolah, terutama dalam melakukan kepemimpinan pembelajaran untuk membudayakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan inklusif bagi warga sekolah. 

Dr. Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd. sebagai salah satu pemateri yang turut mensukseskan acara ini menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. 

Pada kesempatan ini,  Ayu Wulandari membawakan dua materi yang sangat krusial bagi kepala sekolah, yakni materi mengenai kepemimpinan pembelajaran dan kepemimpinan transformasional bagi kepala sekolah. 

Ia berhasil membangun suasana yang hangat dan bersahabat selama pelatihan, sehingga peserta pelatihan tidak takut dan tidak ragu bertanya. 

Acara pelatihan dibuka dengan pemberian sambutan oleh kepala sekolah SMK 1 YKP Magetan,  Arif Kurniawan, S.T.  Kemudian dilanjutkan oleh Syunu Trihantoyo sebagai ketua tim PKM.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat oleh TIM PKM FIP Unesa ini juga turut dihadiri oleh sejumlah pihak. Seperti Mujiono selaku pengawas sekolah cabang dinas wilayah Ponorogo dan Magetan yang juga turut membuka acara, serta melakukan serah terima piagam sebagai simbol kerja sama yang baik. 

Disamping itu, kedatangan TIM PKM dari Unesa ini disambut hangat oleh sekolah.
Seluruh keperluan yang dibutuhkan dalam pelatihan disiapkan dengan baik oleh pihak sekolah, termasuk fasilitas serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh peserta. 

Arif Kurniawan, S.T. kepala sekolah SMK 1 YKP Magetan mengungkapkan bahwa sekolah sangat senang atas kedatangan tim yang dimaksudkan untuk melaksanakan pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah. 

"Dengan dilaksanakannya pelatihan ini, diharapkan seluruh kepala sekolah yang mengikuti pelatihan mampu menerapkan materi yang diperoleh dengan maksimal dan dapat diimplementasikan di sekolah masing-masing," tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut